POTRET SEKTOR UNGGULAN DAN NON UNGGULAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA

Arvan Pradita Ibrahim, Ririt Iriani, Riko Setya Wijaya

Abstract


Tercapainya pembangunan ekonomi daerah, tidak akan luput dari peran sektor unggulan dan sektor non unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyerapan tenaga kerja pada sektor unggulan dan non unggulan di Kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan data sekuder pada periode tahun 2011 sampai 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis LQ, Shift Share, Analisis regresi sederhana dan kontribusi sektor. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: 1) terdapat tiga sektor unggulan di Kabupaten Pasuruan yaitu sektor industri pengolahan, sektor listrik, gas, dan air bersih, sektor konstruksi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor unggulan kabupaten Pasuruan. 2) Terdapat enam sektor non unggulan dan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor non unggulan kabupaten Pasuruan. 3) Terdapat tiga sektor utama yang memiliki kontribusi yang tinggi di setiap tahunnya yaitu sektor industri pengolahan, sektor konstruksi, dan kemudian sektor perdagangan, hotel, dan restoran.


Keywords


Penyerapan Tenaga Kerja, Sektor Unggulan, Sektor Non Unggulan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, L. (2010). Ekonomi Pembangunan. STIEYKPN.

Artis, S. S. D. (2014). Analisis Sektor Basis dalam Hubungannya dengan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Batang Hari. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 2.

Darman, & Afiat, M. N. (2016). Analisis sektor unggulan dan penyerapan tenagakerja di provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ekonomi, 1(1), 56–66.

Indriaty, F. (2012). Peranan Sektor Basis Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Gresik. Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya, 20.

Mangilaleng, E. J., Rotinsulu, D., & Rompas, W. (2015). Analisis Sektor Unggulan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(04), 193–205.

Sapriadi, & Hasbiullah. (2015). Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian Kabupaten Bulukumba. Jurnal Iqtisaduna, 1(1), 71–86. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Iqtisaduna/article/download/1155/1121

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Suparmoko, I. dan M. (2002). Ekonomika Pembangunan Edisi Keenam. BPFE-Yogyakarta.

Ziyadaturrofiqoh, Z., Zulfanetti, Z., & Safri, M. (2018). Pengaruh Upah Minimum Provinsi dan PDRB terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi JAMBI. E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Jambi, 7(1), 13–22.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i2.11695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arvan Pradita Ibrahim, Ririt Iriani, Riko Setya Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.