PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI LIUKANG TANGAYA

Eni Ramlang, Muh Yunus, Mulyadi Radjab

Abstract


Tujuan penelitian mengatahui pengaruh supervisi akademik dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri Liukang Tangaya se-kecamatan. Metode penelitian kuantitatif deskriptif  menggunakan studi regresi. Populasi penelitian guru SMP Negeri Liukang Tangaya se-kecamatan. Sampel penelitian sebaganyak 3 sekolah SMP Negeri 4, SMP Negeri 7, SMP Negeri 8. Prosedur pengumpulan data melalui angket, dokumentasi. Prosedur analisis data mengunakan uji persyaratan Intrumen, uji persyaratan analisis data, uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Liukang Tangaya, dengan nilai R2 sebesar 0,867. Dapat disimpulkan bahwa 86,7% kinerja guru dipengaruhi oleh supervisi akademik dan motivasi berprestasi. Sedangkan 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Supervisi Akademik, Pemecahan Masalah, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Insentif terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Khoeriyah, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Smp It Yaspida Sukabumi. Ta’dibi, 5(2), 34–38.

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 3 RANCAEKEK. 5(2), 97–107.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Smp. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658

Suhayati, I. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 17(1), 86–95. https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6435

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86

Purbasari, Margi. (2015). Pengaruh supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Kecamatan Pengadean Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurhidayati, Dewi. (2017). Pengaruh Pemodelan Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama(SMP). Thesis thesis, Universita Muhammadiyah Surakarta.

Aina, Mulyana. (2012). Indikator dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/kinerja-guru.html (di akses 20 Agustus 2020).

Anis, Muhammad Yunus. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Edi, Rismawan. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Himmah, Mahmudah. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Pontianak. Artikel Penelitian. Universitas tanjung Pura Pontianak.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2014). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Maja, Ibnu. (2013). Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik Di Politeknik Negeri Sriwijaya (Studi Penelitian pada Mahasiswa Jurusan Teknik Kimi). Jurnal Orasi Bisnis Edisi keXI. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Purwanto,M.Ngalim.MP. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,Cetakan ke dua puluh dua.

Rachmawati, Titik dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: . Penerbit Gava Media.

Rizal. (2012). Makalah Supervisi Semester 6. http://rizaldblogger.blogspot. com/2012/03/makalah-supervisi-smester-6.html (diakses pada tanggal 24 September 2020).




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.12141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eni Ramlang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.