PERAN BUDAYA KERJA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA TENANGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Ridwan Akib, Elpisah Elpisah, Muh Fhareza

Abstract


Tujuan penelitian ini mengatahui peran budaya sekolah terhadap peningkatan kinerja tenanga pendidik dan kependidikan. Penelitian dilaksanakan SMP Negeri 5 Satap Kecamatan Liukang Tangaya Kabupeten Pangkep pada September sampai Desember 2020/2021. Jenis penelitian mengunakan Metodologi Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian guru dan staf sekolah, sebanyak 6 orang responden. Prosedur pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Prosedur analisis data mengunakan Data collection, Data display, Conclution drowing/verifiying. Penelitian menunjukkan bahwa semua pendidik berpikir bahwa budaya kerja secara keseluruhan memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja pendidik pada indikator pembelajaran, keterampilan, evaluasi beban kerja. Sedangkan peran budaya kerja dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan pada indikator kualitas kerja, masih banyak pegawai yang belum bisa memaksimalkan hasil pekerjaannya. Secara keseluruhan, budaya kerja pendidik dan tenaga kependidikan masih kurang ideal, terlihat dari tanggapan informan mengatakan disiplin kerja cukup baik.

Keywords


Kualitas Budaya Kerja, Pemecah Masalah, Kinerja Pendidik dan Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96.

Faizah, D. U. S. A. M. P. (2019). EVALUASI KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Dr. Umi Faizah, S. Ag., M. Pd Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia - Yogyakarta. Al-Fikri, 2(2).

Labudasar, E. (2018). PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Erna Labudasari, Eliya Rochmah. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(01), 299–310.

Lestari, S. (2016). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI SISWA. Satya Widya, 32(2), 127. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p127-132

Machwati, A., & Wibowo, U. B. (2015). Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen, Motivasi Kerja Guru Terhadap Iklim Organisasi Sd. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 156–172. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6333

Nasrun, N. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063

Oktaviani, C. (2015). Peran Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 9(4), 613–617.

Riski, L. D., Burhanuddin, B., & Sobri, A. Y. (2018). Budaya Kerja Di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 433–439. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p433

Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Impelementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 417–434.

Setiawan, R. I. (2017). Analisis Pengukuran Kinerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Tinggi. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(2), 175–187.

Sopaheluwakan, N. (2020). Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Kerja Dengan Kinerja Guru Sma Negeri 1 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 102–118. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i2.3015

Sulistiadi, A., Sihite, O. B., & Alamsyah, V. U. (2020). Strategi Menaikan Kinerja Guru dalam Online Learning di Era Social Distancing. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 47–55. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p47-55

Sururama, R. (2019). Upaya Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Monitoring Dan Evaluasi Di Akademi Keperawatan Rumkit Tkt. Iii Teling Manado Provinsi Sulawesi Utara. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 11(1), 54–75. https://doi.org/10.33701/jt.v11i1.633

Wiryawan, D. (2020). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Volume, 15, 140–155.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.12228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridwan Akib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.