PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Usman Moonti, Melizubaida Mahmud, Irwan Yantu, Aqil Bahsoan, Abdul Kitfir Albakir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap minat melanjutkan studi di Program Studi  S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 kota gorontalo. Dengan mengetahui variabel persepsi siswa berpengaruh terhadap variabel minat siswa melanjutkan studi, Maka dapat disimpulkan bahwa Persepsi siswa tentang pentingnya pendidikan, manfaat apa yang akan siswa dapat dari proses pendidikan, dan segala informasi yang berhubungan dengan pendidikanlah yang akan membuat siswa lebih tertarik untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 185 siswa dan sampel sebanyak 37 siswa atau 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan  teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap minat siswa melanjutkan studi dengan koefisien korelasi sebesar 0,835 dan koefisien determinasi sebesar 0,696, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 8,962 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,030, maka terdapat pengaruh signifikan.

 


Keywords


Persepsi Siswa, Minat Melanjutkan Studi

Full Text:

PDF

References


Alfyan Nur Wardana, dkk. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Sman 2 Samarinda Terhadap Minat Dalam Memilih Universitas Mulawarman (Studi Pada Siswa Kelas 3). Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 6. No. 4.

Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Dwi Febriani. 2015. Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, Dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah Yang Bertempat Tinggal Di Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Endang Sri Rahayu. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas Xi Di Sma Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3.

Evi Situngkir. 2018. Pengaruh brand image dan persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi pada prodi pendiidkan ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Nazarudin Rahman, 2014. Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Nur Ika Zulfa, dkk, 2018. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Reserch, Vol.2, No.2.

Rahmalina Wahab, 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rif’atus Sholihah. 2019. Pengaruh Persepsi Pendidikan Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI Sma Muhammadiyah 3 Kedungadem Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. IKIP PGRI Bojonegoro.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.13488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Kitfir Albakir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.