PENGALAMAN PENGAJAR DI UNIVERSITAS DALAM PEMBELAJARAN DARING COVID-19

Abd. Rahman Pakaya, Usman Moonti

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian campuran deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah dosen Fakultas Ekonomi UNG berjumlah 45 Orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara langsung, adapun analisis data yang digunakan Reduksi Data, penyajian Data, Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman mengajar dosen dalam pembelajaran daring selama masa covid-19 adalah bervariasi, pada umumnya mengatakan  bahwa pembelajaran daring sangat menunjang dosen dalam pemberian materi pembelajaran. Sehubungan dengan kesiapan dosen untuk mengajar terutama yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran dan materi sudah disiapkan, demikian pula dengan proses pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi tehnologi seperti Zoom, goole meet, Whatsapp dan E-Learning dalam pembelajaran oleh dosen di Universitas Negeri Gorontalo khususnya di Fakultas Ekonomi sudah efektif. Akan tetapi disisi lain terutama yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran tersebut terdapat kendala yakni jaringan internet sehingga mahasiswa yang tinggal diwilayah yang sulit jaringan internet mengalami hambatan dalam perkuliahan

Keywords


Pengalaman Pengajar, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Dwi Ismawati1, Iis Prasetyo, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 665-675 Jurnal Obsesi :ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH)….. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020 503 Pendidikan. Volume 1 No.1

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.

Muhammad Rayhan Affandi, Maryscha Widyawati, Yoga Budi Bhakti, (2020)“ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PELAJARAN FISIKA”, Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), Vol 8, No 2 (2020)

Pakaya, Abd. Rahman dan Muhtar R. Ahmad( 2017) Peningkatan kompetensi Lulusan Maggister Pendidikan Ekonomi Melalui Evaluasi Diri . Pedagogika Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 08 No. 01

Rasto, Sambas Ali Muhidin, Tutik Inayati, dan Marsofiyati. 2021. University Student’s Experiences with Online Synchronous Learning during Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 9 (1) 2021, 34-43

Santoso, Yusuf Imam. 2020. “Menghitung dampak Covid-19 terhadap dunia usaha hingga UMKM,” Kontan.co.id, diakses 22 April 2020, https://nasional.kontan.co.id/news/ menghitung-dampak-covid-19-terhadap-duniausaha-hingga-umkm?page=all.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020

Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 2-3 (2020)

Wiwin Hartanto (2016), “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), vol 10 no 1 (2016)




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i2.15121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abd. Rahman Pakaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.