STRATEGI PROMOSI SEKOLAH DALAM MEMINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH HARUN AL-RASYID BONTONOMPO KABUPTEN GOWA

St Ibrah mustafa Mustafa Kamal, Nursahwal sahwal

Abstract


Strategi promosi sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik tahun 2017-2021 berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi strategi promosi, dan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evindence, dan Process). Jenis penelitian ialah penelitian eksploratif dan pendekatan islamic educational management. Sumber data diambil dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah hubungan masyarakat, panitia, orang tua siswa, dan data jumlah siswa. Metode pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa dilakukan perencanaan membentuk panitia, menentukan waktu dan menentukan sasaran serta target. Pelaksanaannya melalui media cetak, kunjungan rumah warga, bantuan masyarakat, kerjasama dengan puskesmas, dan masjid. Evaluasi setiap tahun ajaran baru dengan target peserta didik yang ditetapkan tetapi belum tercapai karena rencana strategi sekolah untuk jangka panjang tidak ada, promosi menggunakan media sosial belum dilakukan, sarana dan prasarana kurang memadai serta lokasi sekolah tidak strategis.


Keywords


Promosi, Pemasaran 7P, Rencana strategi

Full Text:

PDF

References


Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing.

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengeloa Perpustakaan (Studi Kasus Pada Sekola/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahapeserta didik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diarta, I. K. S., Lestari, P. W., & Dewi, I. A. P. C. (2017). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis, 4(2), 170–187.

Fiandari, Y. R., Arifiani, R. S., & Rumijati, A. (2021). Pendampingan Strategi Branding dan Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(2), 35–42. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie

Franzia, E. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial. Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018, 15–20. Retrieved from www.the-marketeers.com

Imam, M., & Hidayat, A. (2015). The Handbook of Education Management (Cetakan 1). Jakarta: Prenadamedia Group.

Ismaya, B. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Karela, F. (2020). Strategi Manajemen Pemasaran dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Mazra’atul Ulum Pacirab Lamongan. Universitas Islam Negeri Malang.

Kerzner, H. (2001). Project Management. New York: Wilay John Wiley & Sons, Inc.

Kolter, P. (2009). Marketing management (Edisi 13). Upper Saddle River, N.J.: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Lestari, S. P. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Lumajang). Jurnal Interaksi, 4(2), 139–147. https://doi.org/10.1093/acprof:osobl/9780199545810.003.0014

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana .

Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44.

Presiden Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (pp. 1–32). pp. 1–32. Retrieved from http://www.komnasham.go.id/sites/default/files/dokumen/UU NO 39 TAHUN 1999 HAM_0.pdf

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 55–90.

Supriyanto, T., & Marno. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Swastha, B., & Handoko, H. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Terry, G. R. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjipto, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Retrieved from P

Wahyuni, I. S. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Competence Journal Management Studies, 11(2), 173–185.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 St Ibrah mustafa Mustafa Kamal, Moh Natsir Mahmud, Asriani Nurul Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.