SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EKONOMI KREATIF

Lisa Nursita, Nurhalisyah Nurhalisyah, Maghfira S, Andi Salma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap konsep ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dimasa depan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 98 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket melalui google form yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitas. Instrumen dibuat dengan menggunakan Skala Guttman dan Skala Likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang hasilnya kemudian dikategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep ekonomi kreatif pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tergolong kategori sedang. Dapat dikatakan pencapaian pemahaman konsep ekonomi kreatif belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam rangka menggerakkan minat berwirausaha yang kreatif.


Keywords


Ekonomi Kreatif, Wirausaha, Pemahaman Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Fajar, A., Syam, A., Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/ijses.v1i2.17460

Fernandes, A. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pelatihan Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Universital Islam OKI (UNISKI) Kayugung. Motivasi :Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 826–831. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/motivasi.v5il.3483

Fitriani, D. A., Noviana, Z. R., & Santoso, S. (2018). Membangun Perekonomian Indonesia Melalui Mahawira (Mahasiswa Wirausaha) Berbasis Ekonomi Kreatif. Seminar Nasional Dan Call for Paper III Fakultas Ekonomi, 58–66.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entreprenuership, 02(03), 291–314. https://doi.org/https://doi.org/10.21274

Korompot, S., Wantu, T., & Alwi, N. M. (2022). Understanding the World of Industry and Business from the Perspective of Career Guidance and Counseling. 6(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i1.42131

Lusia, A., & Pamikatsih, T. R. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa The Effect of Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Motivation on Entrepreneurial Intention in University Students. Jurnal Ekonomi, Manajemenen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entreprenuer, 1(2019), 86–91.

Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan life skills peserta didik dengan pendekatan ekonomi kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, V(2), 300–312. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215

Nastiti, T., Indarti, N., & Rostiani, R. (2010). Minat berwirausaha mahasiswa indonesia dan cina. 9(September), 187–200.

Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal IDEAS, 7 No. 3(2020), 83–88. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.401

Nursita, L., P, B. S. E., Islam, U., Alauddin, N., & Hasanuddin, U. (2022). Pendidikan Pekerja Anak : Dampak Kemiskinan pada Pendidikan. Jambura Economic Education Journal, 4(1), 1–15.

Palupi, P. E., Nusantoro, J., & Septiani, A. (2021). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang (Studi Kasus Pada Pasar Yosomulyo Pelangi). Jurnal Akuntansi Akiva, 2(1), 12–19. https://doi.org/httpd://doi.org/10.24127/akuntasi.v2i1.894

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia (R. A. Putra (ed.)). nulisbuku.

Putri, S. R., Husin, M., Muzaki, N., & H, D. F. R. (2021). Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa UTP Surakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta). Pengabdian Masyarakat Tunas Membangun, 1(2), 1–4.

Sumardiningsih, S. et al. (2016). Model Pendidikan Ekonomi Kreatif Berbasis Karakter Sebagai Bridging Course Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Kependidikan, 43(1), 69–77.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Widyana, W. et al. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif pada Mahasiswa UNMAS Denpasar. Bakti Masyaratkat Indonesia, 1(1), 171–177.

Yunus, M. (2019). Ekonomi kreatif, konsep ekonomi baru penggerak mahasiswa menjadi wirausaha kreatif. 2012–2017.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lisa Nursita, Nurhalisyah Nurhalisyah, Maghfira S, Andi Salma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.