PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REWIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 29.4 MAJANNANG

Syarini Syarini, Husain AS, Suarlin Suarlin

Abstract


Guru dikatakan berhasil dalam mendidik siswa apabila motivasi dan hasil belajar diperoleh dengan optimal. Penelitian ini bertujuan mengatahuai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadapat motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS Kelas IV SDN 29.4 Majannang. Motode yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian mengunakan teknik rondom sampling sehingga terdapat dua kelas terpilih yakni kelas eksperimen dan kelas control. Teknik pengumpulan datang yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif berupa uji persyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian melaporkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditandai dengan perolehan nilai traf signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay harus diperdayakan di sekolah dengan baik karena memiliki  pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords


CRH, Pemicahan Masalah, Motivasi, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arianti, A. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta).

Faradita, M. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 1(2b), 185–192.

Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 5(1), 11–15. https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1238

Khairunnisah, K., Karmana, I. W., Dharmawibawa, I. D., Haikal, M., & Abidin, S. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Torso Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.536

Moslem, M. C., Komaro, M., & Indonesia, U. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803

Mustika, S., Hajidin, & Elly, R. (2018). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3, 134–141.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Ratna, R., Azis, M., & Fahreza, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Berbantukan Media Gambar SD Negeri 169 Tokala. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 254–259. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p254-259

Rozi, F., & Muliatna, I. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Materi Memelihara Transmisi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 3 SMK PGRI 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 02(03), 77.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sutriono, A. N., Winarko, W., Ika, Y., & Pranyata, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Seminar Nasional FST 2018 Universitas Kanjuruhan Malang, 1(1), 484–494.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Yunianti, V. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay. Jurnal : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(8), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.16468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syarini, Husain, Suarlin Syarini, AS, Suarlin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.