PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMK BINA MANDIRI SUKABUMI KABUPATEN SUKABUMI

Yuni Pambreni, Ali Ridho, Iman Sutisna

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Mandiri Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pelatihan terhadap kinerja guru pada SMK Bina Mandiri Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan observasi serta menyebarkan kuisioner kepada responden. Teknik pengambilan sampling menggunakan non probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden. Untuk uji analisis pada penelitian ini digunakan uji validitas instrument, uji realibilitas kemudian dilakukan uji analisis statistic untuk analisis hubungan dan pengaruh digunakan analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hubungan pelatihan terhadap kinerja guru memiliki hubungan yang kuat pada SMK Bina Mandiri Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Besarnya kontribusi pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru sebesar 59,99% sedangkan sisanya sebesar 40,01% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti diluar variabel pelatihan seperti kepemimpinan, motivasi, disiplin, kompensasi, lingkungan kerja dan lain-lain.


Keywords


Pelatihan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Bambang. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita. Bandung.

Dessler, Garry. (2016). Manejemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh. Jilid Dua. PT Indeks: Jakarta.

Dole, F. E. (2022). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Detukeli 1 Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende. JURNAL LITERASI: PENDIDIKAN DAN HUMANIORA, 7(2), 11-23.

Fadillah, F., Tahir, T., Inanna, I., Azis, M., & Najamuddin, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di SMK Negeri 5 Pangkep. Phinisi Integration Review, 5(3), 784-793.

Gala, I. N., Ramadhan, H. A., & Rede, A. (2017). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap Kinerja mengajar guru IPA di smp se-Kota Poso. Mitra Sains, 5(2), 58-66.

Girsang, I. M. Q. (2022). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 4 MEDAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).

L. Mathis, Robert dan H. Jackson, John. (2011). Human Resource Management (edisi10). Salemba Empat: Jakarta

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama. Bandung

Mulyanti, A. S. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening di SD Muhammadiyah Condong Catur.

Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusif terhadap Kinerja Guru dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusif di SMPN 30 Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 185-194.

Nurhusin, M. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPETENSI GURU PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI WILAYAH BARAT KABUPATEN BIREUEN. IndOmera, 3(6), 67-75.

Rais, M. (2019). Pengaruh Diklat terhadap Kinerja Guru Madrasah di Kota Manado. Al-Qalam, 25(1), 33-46.

Retno Sari, R. A. P., & Setiawan, A. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Sd Di Baturetno (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Repormasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil Bandung: PT Refika Aditama

Setiawan, R., & Indrianny, M. (2022). PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU UNTUK MEWUJUDKAN PRESTASI BELAJAR SISWA:(Penelitian Pada SMK Al-Mukhtariyah dan SMK Iqro Garut). J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(2), 397-414.

Sihaloho, S., & Sihotang, H. (2022, October). PENGARUH PELATIHAN, LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU SD SANTO ANTONIUS 1 DAN 2 MEDAN. In Seminar Nasional Manajemen dan Akuntansi(Vol. 1, No. 1, pp. 239-248).

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung :Alfabeta CV

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung Alfabeta CV

Supardi. (2016). Kinerja Guru . Jakarta : Rajawali : Pers

Zeke, K., Katuuk, D. A., Rotty, V. N., & Lengkong, J. S. J. (2021). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 15-21.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.16990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yuni pambreni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.