IMPLIKASI PEMBERIAN REWARD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward yang dilakukan guru terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kwandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa dengan populasi 118 siswa dan sampel 54 responden. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji t), analisis korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan imbalan guru terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai R hitung 0,745 lebih besar dari R square sebesar 0,556. Dengan demikian nilai T tabel sebesar 2,004 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Asri Mulyo, I., & Mahmud, A. (2020). MediasiMotivasiBelajardalamHubunganSosial Media dan Pemberian Reward denganAktivitasBelajar. Economic Education Analysis Journal, 9(20).
Effendi. (2017). Pemberian Reward PengaruhnyaTerhadapAktivitasBelajarMahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. JurnalInovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmia, 1(1), 9–13.
Rita, Asran, M., &Margiati, K. Y. (2017). PeningkatanAktivitasBelajarSiswa Pelajaran IlmuPengetahuanSosialMenggunakanTipe Jigsaw Di Sekolah Dasar.
DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v6i2.24027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurfitri K. Gobel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Economic Education Journal has been indexed:
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia