Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran (Studi Kasus Pajak Restoran yang terdaftar pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo)

Maya Haningrum Purnamasari, Muslimin Muslimin

Abstract


The focus of the following research is how tax witnesses, services provided, and taxpayer awareness influence restaurant taxpayer compliance registered with the Sidoarjo Regency Regional Tax Service Agency. This study applies a quantitative approach. This study found that tax compliance is not affected by service quality; On the contrary, awareness of taxpayers and tax sanctions has an impact on tax compliance. The conclusions obtained from this research are (1) taxpayer awareness influences taxpayer compliance in restaurants in Sidoarjo district, the presence of actions in reporting in a timely manner with the correct amount can be said to be a form of taxpayer awareness, (2) Service quality has no effect on restaurant taxpayer compliance in Sidoarjo Regency, which means that the services of tax officers in agencies can still be considered weak or less than optimal, and (3) tax sanctions affect restaurant taxpayer compliance in Sidoarjo Regency, tax sanctions are administrative sanctions that force taxpayers to comply with tax regulations . Thus, tax sanctions can have an impact on taxpayer compliance.


Keywords


Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran; Kualitas Pelayanan; Sanksi Pajak

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam. Measurement : Jurnal Akuntansi, 13(1), 55. https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1833

Amalia, E. V., Hernawati, R. I., Durya, N. P. M. A., & Isthika, W. (2023). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(3), 39–51. https://doi.org/10.37641/jiakes.v11i3.2211

Atarmawan, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 39-51.

Azura, R., Yusralaini, Y., & Odiatma, F. (2022). Kepatuhan Pajak Restoran : Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan, Sikap, Sanksi Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.31258/current.3.1.51-61

Azzahra, N. F., & Purbaningrum, D. G. (2022). Pengaruh Efektivitas Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang Selatan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 197. https://doi.org/10.29103/jak.v10i2.7930

Dayanti, E. O., Arafat, Y., & Valianti, R. M. (2023). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Usaha Restoran (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Palembang). Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 6(1), 66–78. https://doi.org/10.31851/jmediasi.v6i1.13202

Departemen Keuangan Republik Indonesia. 2007. Peraturan Perundang-Undangan Nomor 28 Tahun 2007 tentang Pajak. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Febriyanti, A. N. W., Adnyana Mahapu, I. N. K., & Sudiartana, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Prlayanan Pajak Pratama Badung Utara. Kharisma, 4(3), 78–87.

Ghozali, I. (2021a). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris, 3/E. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2021b). PARTIAL LEAST SQUARES KONSEP, TEKNIK DAN APLIKASI SMARTPLS 3.2.9. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO. https://doi.org/10.1002/9780470517253.ch10

Liza, S. N., Andreas, & Savitri, E. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Pajak, Kondisi Keuangan Dan Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Badan Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 7(2), 208–223.

Majid, A. (2020). Pengaruh Penerapan E-System, Sosialisasi, Pengetahuan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi . Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Muhammad Fahmi, K. K. (2023). KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK PERPAJAKAN TERHADAPKEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP ILIR TIMUR KOTA PALEMBANG. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 164-174.

Nafiah, Z. ., & Warno, W. . (2018). PENGARUH SANKSI PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Study Kasus Pada Kecamatan Candisari Kota Semarang Tahun 2016). Jurnal Stie Semarang, 10(1), 86–105. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v10i1.88

Nurbaity, A. (2021). Optimalisasi Penerimaan Pajak Restoran di Era Pandemi Covid-19 Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah (Doctoral dissertation, IPDN Jatinangor). http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6230

Othman, R. D., Ismail, Z., Sapari, A., & Bakar, S. A. N. A. (2022). The Impact of Covid-19 on Tax Compliance Behaviour Among Malaysian Taxpayers. Jejak, 15(2), 244–254. https://doi.org/10.15294/jejak.v15i2.37483

Perpajakan, P. S., Pajak, S., Kualitas, D., Fiskus, P., Kepatuhan, T., Pajak, W., Usaha, B., Studi, R. (, Dinas, P., Daerah, P., Palembang, K., Ega, ), Dayanti, O., Arafat, Y., & Valianti, R. M. (n.d.). is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (Vol. 66). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/mediasi

Prasetyaningtyas, V. A., & Ratnawati, D. (2022). Pengaruh Pajak Restoran, Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten/Kota Di Surabaya, Sidoarjo, Malang Dan Batu Tahun 2011-2020. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 42–57. https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2008

Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.143

Rangkuti, F. (2013). SWOT–Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama.

Rianty, M., & Syahputra, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak . Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 13-25.

Sabtihari. D.A, I. K. (2020). Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Dan Sanksi Perapajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada WPOP Samsat Karanganyar). Surakarta Accounting Review (SAREV) Vol., 2(2), hal 32-29

Sari, L. I., & Ari, A. A. (2021). Pengaruh Kesadaran, Omset, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran (Studi di Kabupaten Bangkalan). Simposium Nasional Perpajakan, 24-35.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Soemitro, 2023. "Pengertian Pajak Menurut Ahli". diakses melalui https://kompas.id diakses pada tanggal 10 Juli 2024

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPls 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis (p. 329). Andi

Wahyuni, N. (2023). PENGARUH SANKSI PAJAK DAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MELALUI KESADARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(3), 737-749. https://doi.org/10.35145/bilancia.v7i3.2005




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v7i3.27412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maya Haningrum Purnamasari, Muslimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.