Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Budaya Baca
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap budaya baca siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Tehnik pengumpulan data ialah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif fasilitas perpustakaan terhadap budaya baca siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukan dengan model analisis regeresi adalah Ŷ = 3,605 + 0,752 X + ε. Dengan besar pengaruh fasilitas Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan perpustakaan terhadap budaya baca siswa mencapai 35,7% dan sisanya 64,3% budaya baca siswa dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Fasilitas Perpustakaan, Budaya Baca Siswa
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Tehnik pengumpulan data ialah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif fasilitas perpustakaan terhadap budaya baca siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukan dengan model analisis regeresi adalah Ŷ = 3,605 + 0,752 X + ε. Dengan besar pengaruh fasilitas Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan perpustakaan terhadap budaya baca siswa mencapai 35,7% dan sisanya 64,3% budaya baca siswa dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Fasilitas Perpustakaan, Budaya Baca Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal
Jambura Economic Education Journal has been indexed:
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.