Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Andi Kurniadi, Irina Popoi, Melizubaida Mahmud

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Ini terlihat dari hasil analisis regresi dimana kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang mencapai 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal



 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.