PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa kelas X jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto.Populasi pada penelitian ini adalah 166 orang siswa.Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner/angket sebanyak 30 pertanyaan yang terdistribusi 15 pertanyaan indikator Teknologi Informasi dan 15 pertanyaan indikator Minat Belajar Siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data dan analisis regresi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa mencapai 36 % dan sisanya 64 % minat belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Renika
Cipta, 1995.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Rakhmansyah, Agil, M. Al Musadieq & Heru Susilo. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan PT. PLN Area Madiun). 2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No. 1 Sepetember 2014 : 1 – 15.
Lucas, Henry J. 2000. Information Technology for Management, 7th ed. McGraw-Hill.
Widyawati, I., Sugiman, H. E. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 10, 6–12
Benar, A. &. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas CI IPS DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Hariyani, T. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bkkbn Kabupaten Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(2), 144. https://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1219
Mulusi, & Wardiyanto, M. (2013). Perbedaan kemandirian anak antara model pembelajaran berbasis area dengan model berbasis klasikal di usia taman kanak-kanak. Jurnal Psikologi, 2(1), 56–61.
Purwanti, A. D. (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 16(2), 1–6.
Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.
DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal
Jambura Economic Education Journal has been indexed:
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia