Pengaruh Pengelolaan Dana Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara

Sarci Ladiku, Ismet Sulila, Yanti Aneta

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan dana desa terhadap kesejahteraan masyarakat. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. Metode penelitian expost facto. Populasi yakni aparat desa dan masyarakat kemudian dengan sampel sebanyak 75 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket kepada aparat desa dan masyarakat. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan dana desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Nilai Koefisien regresi dengan arah postif menunjukan bahwa pengelolaan dana desa yang baik akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Besarnya koefisien determinasi atau angka R Square adalah sebesar 0,518. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 51,80% variabilitas kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara dapat dijelaskan oleh pengelolaan dana desa, sedangkan sisanya sebesar 48,20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut yakni berupa peran BUMDes, program bantaun sosial pemerintah, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kapasitas masyarakat pedesaaan.

Keywords


Kata Kunci: Kesejahteraan Masyarakat, Pengelolaan Dana Desa

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aneta, Y. (2018). Fungsi Pengendalian Penerima Program Rumah Layak Huni Di Kecamatan Kota Timur. In Proceedings of International Interdisciplinary Conference on Sustainable Development Goals (IICSDGs) (Vol. 1, No. 1, pp. 164-172).

Boseke, M. M. (2021). Pengelolaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tumaratas Satu Kecamatan Langowan Barat Kabupaten Minahasa. JURNAL POLITICO, 10(4).

Hulinggi, P. A., Sulila, I., & Tohopi, R. (2020). Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Jambura Journal of Administration and Public Service, 1(1), 11-21.

Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Hasyim, F. (2019). Dana Desa dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pada Desa Wisata Menggoro. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 35-43.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2002. MetodePenelitian Administrasi. CV Alfabeta. Bandung.

Soetomo. 2014. Kesejahteraan dan Upaya Mewujudkannya dalam Prespektif Masayarakat Lokal, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Desa.




DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v2i1.11879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Administration and Public Service