Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara
Abstract
Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat buluwatu, yang berjumlah 77 orang. Jenis data dalam
penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket. Teknik analisis
data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur
Kabupaten Gorontalo Utara dengan nilai sebesar 62,20%. Sedangkan sisanya sebesar 37,80% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti sikap pelaksana, komunikasi pemerintah desa dengan
masyarakat, persepsi masyarakat dan kesesuaian antara harapan dengan kenyataan. Hasil pengujian positif memiliki
makna bahwa terciptanya kepuasan masyarakat di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo
Utara yang progresif terjadi karena pemerintah desa melalui aparat desa mampu memberikan pelayanan publik yang
berkualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Strategi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan
Kinerja Pelayanan Publik Di Lingkungan
Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang
Mongondow Utara. Jurnal
Manajemen, 20(02), 262-277.
. (2011) Pelayanan Publik Kompotensi dan
Komitmen Aparat Dalam Pelayanan
Perizinan Terpadu. PT Pustaka Indonesia
Press. Jakarta.
Barata, A. A. 2013. Dasar-Dasar Pelayanan Prima,
Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo
Igirisa, I., Rahman, M., Abdussamad, J.,
Abdusamad, Z., & Husain, A. K. (2020).
Implementation of Development Policy for
Livestock Farming Business in Gorontalo
Regency , Gorontalo , Indonesia. Sys Rev
Pharm 2020-11(12), 138–142.
https://doi: 10.31838/srp. 2020.12.23
Pasolong Harbani. (2016). Teori Administrasi
Publik. Bandung: Alfabeta, cv.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman
Umum Penyusunan Indeks Kepuasan
Masyarakat Unit Pelayanan Publik.
Priansa juni Donni. (2017). Manajemen pelayanan
prima. Bandung: Alfabeta, cv
Rezha, F. (2013) ‘Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan
Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan
Perekaman Kartu Tanda Penduduk
Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok)’, Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa
Universitas Brawijaya, 1(5), pp. 981–990.
Tjiptono Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4:
Andi.
Vellayati, widiarum. 2018. Pengaruh kualitas
pelayanan public dan disiplin kerja
pegawai terhadap kepuasan masyarakat di
kantor balai desa Rowosari Kecamatan
Ulujami Kabupaten Pemalang. Skripsi.
Universitas Nageri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v3i1.16931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Administration and Public Service