Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara

Zulkarnain Hi Mallu, Rosman Ilato, Irawaty Igirisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di
Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat buluwatu, yang berjumlah 77 orang. Jenis data dalam
penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket. Teknik analisis
data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur
Kabupaten Gorontalo Utara dengan nilai sebesar 62,20%. Sedangkan sisanya sebesar 37,80% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti sikap pelaksana, komunikasi pemerintah desa dengan
masyarakat, persepsi masyarakat dan kesesuaian antara harapan dengan kenyataan. Hasil pengujian positif memiliki
makna bahwa terciptanya kepuasan masyarakat di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo
Utara yang progresif terjadi karena pemerintah desa melalui aparat desa mampu memberikan pelayanan publik yang
berkualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Keywords


Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Strategi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan

Kinerja Pelayanan Publik Di Lingkungan

Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang

Mongondow Utara. Jurnal

Manajemen, 20(02), 262-277.

. (2011) Pelayanan Publik Kompotensi dan

Komitmen Aparat Dalam Pelayanan

Perizinan Terpadu. PT Pustaka Indonesia

Press. Jakarta.

Barata, A. A. 2013. Dasar-Dasar Pelayanan Prima,

Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo

Igirisa, I., Rahman, M., Abdussamad, J.,

Abdusamad, Z., & Husain, A. K. (2020).

Implementation of Development Policy for

Livestock Farming Business in Gorontalo

Regency , Gorontalo , Indonesia. Sys Rev

Pharm 2020-11(12), 138–142.

https://doi: 10.31838/srp. 2020.12.23

Pasolong Harbani. (2016). Teori Administrasi

Publik. Bandung: Alfabeta, cv.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman

Umum Penyusunan Indeks Kepuasan

Masyarakat Unit Pelayanan Publik.

Priansa juni Donni. (2017). Manajemen pelayanan

prima. Bandung: Alfabeta, cv

Rezha, F. (2013) ‘Analisis Pengaruh Kualitas

Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan

Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan

Perekaman Kartu Tanda Penduduk

Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok)’, Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa

Universitas Brawijaya, 1(5), pp. 981–990.

Tjiptono Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4:

Andi.

Vellayati, widiarum. 2018. Pengaruh kualitas

pelayanan public dan disiplin kerja

pegawai terhadap kepuasan masyarakat di

kantor balai desa Rowosari Kecamatan

Ulujami Kabupaten Pemalang. Skripsi.

Universitas Nageri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v3i1.16931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Administration and Public Service