Penerapan Tipe Ideal Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Cindra Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Penerapan Tipe Ideal Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomem Kabupaten Gorontalo dan (2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penerapan Tipe Ideal Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomem Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif ,teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pencatatan, reduksi, display, verifikasi sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan bahwa (1) Penerapan Tipe Ideal Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomem Kabupaten Gorontalo bahwa dalam pembagian kerja sudah tepat, aparatur diberikan dan di tempatkan pada bidang dengan pekerjaan yang jelas. Prinsip hirarki wewenang sudah baik ditandai dengan adanya struktur dalam sistem pemerintahan yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan pemerintah desa. Hubungan impersonal sudah baik termasuk hubungan masyarakat dengan aparat desa dan hubungan antara aparatur pemerintah desa. Pemilihan personil berdasarkan karir belum dilaksanakan. (2) faktor-faktor yang menentukan Penerapan Tipe Ideal Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomem Kabupaten Gorontalo bahwa Sistem SOP sudah baik, sistem kewenangan belum cukup baik. Sistem hirarki sudah baik

Kata kunci : Tipe ideal birokrasi, pelayanan publik

Keywords


Tipe ideal birokrasi, pelayanan publik

Full Text:

PDF

References


Albrow, Martin, Birokrasi. 1996, Terjemahan. M. Rusli Karim. Yogyakarta: Tiara Wacana

Agus Dwiyanto. 2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik melalui Reformasi Birokrasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Aminuddin Ilmar, Hukum Tata Pemerintahan, Jakarta: Kencana, 2014.

Antasah, P. A. (2022). Menganalisis Program Kalimasada Kota Surabaya Dari Perspektif Prinsip Dasar Birokrasi Weberian. Jurnal Pengabdian Nasional, 02(06), 88–97.

Dewi, R. C., & Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 7(1)(1), 78–90. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1.62

Endah, K., & Vestikowati, E. (2021). Birokrasi Pemerintahan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 7, 647–656. https://journals.unigal.ac.id/index.php/modrat/article/view/2491

Fahturrahman, M. (2016). Faktor-faktor Keberhasailam Implementasi Kebijakan Publik. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendiidikan, 2(02), 14–27.

Faradila, N., Ir. Yamin Siregar, M., & Dra. Isnaniah LKS, M. (2020). Pengaruh Pembagian Kerja Dan Wewenang Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1), 141–150.

Hardianti, H., Mustari, N., & Parawu, H. E. (2018). Pengaruh Impersonalitas terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa. Matra Pembaruan, 2(2), 123–137. https://doi.org/10.21787/mp.2.2.2018.123-137

Harsono, B. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Public Administration Journal, 3(1), 20–38.

Kadir, A. (2015). Prinsip-Prinsip Dasar Rasionalisasi Birokrasi Max Weber Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik (PAJ), 3(1), 2013–2015.

Kania, I., & Widiawati, W. (2019). Pengaruh Pembagian Kerja Terhadap Pegawai di UPTD Pasar Cisurupan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 10(02),23-(2087–1511), 1–8.

Nani, Y. N., Aneta, A., Abdussamad, Z., & Ilato, R. (2021). Bureaucratic Behavior Model In Policy Implementation To Enhace Equal And Extensive Education Access (The Departement Of Education And Culture Gorontalo Distric). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(14), 4073–4086.

Ramadhanti, R. (2018). politik dan birokrasi pemerintah. Jurnal Trias Politika, Vol.2. No.

Risnawan, W. (2019). Manajemen Strategik Birokrasi Dalam Era “Disruption.” https://nasional.sindonews.com/read/1270526

Rosmiati, I., & Kuraesin, A. D. (2021). Pengaruh Struktur Organisasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Pt. Kunci Inti Transindo Jakarta. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2), 389–398. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.875

Saud, M.M. 2007. Sistem Adminitrasi Birokrasi Pemerintah. Jakarta Timur: Salemba

Tohopi, R. (2019). Mewujudkan Good Governance Melalui Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. PROSIDING, 10(3067).

Waluyo. 2007. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung: Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v5i1.19669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jambura Journal of Administration and Public Service