Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika dalam Menerapkan Model PAKEM melalui Supervisi Klinis

Arwin Jaini

Abstract


Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan mengetahui perubahan kompetensi guru matematika dalam menerapkan model PAKEM setelah mendapatkan supervisi klinis. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan memanfaatkan data deskriptif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan yakni: (1) secara keseluruhan kompetensi guru mata pelajaran Matematika dalam menerapkan model PAKEM dapat ditingkatkan pada proses pembelajaran. (2) Supervisi klinis terhadap guru akan mampu meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Matematika dalam menerapkan model PAKEM dalam proses pembelajaran.

Keywords


Kompetensi Guru; Model PAKEM; Supervisi Klinis

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


Depdiknas, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional RI, 2005.

P. A. Sahertian, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

M. N. Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1987.

R. Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2010.

S. Suparlan, D. Budimansyah, and D. Meirawan, PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta : PT Ganesindo, 2009.

S. Sudrajat, “Penerapan Prinsip-Prinsip Desain Pesan dalam PAKEM,” 2008. [Online]. Available: http://www.suaramerdeka.com/harian/0477/18765/khal.htm. [Accessed: 29-Jan-2019].

V.C. Good, Dictionary of Education, New York: Mc Graw Hill, 1959.

N. Nurtain, Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktek), Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 1989.

J.J. Bolla, Supervisi Klinis, Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi, 1985.

Depdiknas, Bahan Belajar Mandiri Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan, 2008.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.9277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.