PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ackerman, E., dkk. 1988. Ilmu Biofisika. Surabaya: Airlangga University Press
Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT. Aditya Andrebina Agung Arikunto, S.2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Anwar, M.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta
Dimyati dan mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Doelle, L. L. 1972. Evironment Acoustics. New York: McGraw-Hill Company, Inc
Giancoli, D. C. 1998. Fisika Edition Empat. Jakarta: Erlangga
Giancoli, D. C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Gunawan. 2011. Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Model Virtual laboratory Fisika Modern. Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No.2, November 2011. ISSN 1412-6087. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pengembangan pada Masyarakat IKIP Mataram
Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(1):84
Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Jati, B. M. E. dan Priyambodo, T. K. 2010. Fisika Dasar Listrik-Magnet-Optika- Fisika Modern. Yogyakarta: Andi
Lambaga, I. A. 2019. Tinjauan Umum Konsep Fisika Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH
Nanik, S., Leni, Y., & Wasis. 2013. Perbedaan Penggunaan Laboratorium Real Laboratorium Virtual pada Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2(2): 192
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., Jatmiko, B. 2013. Imlementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.2(1):19
Puspita, R. 2008. Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008. ISSN : 1411-6286
Resnick, R. & Halliday, D. 1992. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga diterjemahkan oleh Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Bandung: ITB
Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana PrenadaMedia
Group
Soedojo, P. 1992. Azas-azas Ilmu Fisika Jilid 3 Optika. Yogyakarta: UGM Press Sudjana, N. 2005a. Metode statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito
Soedojo, P. 2005b. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CVAlfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Sujana, A. 2014. Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasi. Bandung: UPI PRESS Suparman, A. R., Santoso, B. B., &Sumarni. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari. Jurnal Nalar Pendidikan. 5(1): 22
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sutrisno, 1988. Gelombang dan Optik, Seri Fisika Dasar Jilid 2. Bandung: Institut TeknologiBandung
Totiana, F., dkk. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 Tahun 2012 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. ISSN2337-9995
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.14759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurfadlun Faradila Dalu, Tirtawaty Abdjul, Nova Elysia Ntobuo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.