PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA

Nurfadlun Faradila Dalu, Tirtawaty Abdjul, Nova Elysia Ntobuo

Abstract


Nurfadlun Faradila Dalu. 2019. The Effect of Virtual Laboratory- Based Learning Model on the Physics Learning Outcomes of Class XI Science Natural High School Student on Sound Wave and Wave Materials. Gorontalo Physics Education Study Program, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Gorontalo State University. Guided: (I) Dr. Tirtawaty Abdjul,S.Pd, M.Pd., (II) Dr. Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd The purpose of this study was to determine differences in student physics learning outcomes that were taught with a Virtual Laboratory based learning model with student physics lerning outcomes using Real Experiment. The research method used was a quasi experiment with research design Posttest Only Control Group Design. The population of this study were all students of class XI SMA Negeri in North Gorontalo Regency in the academic year 2017/2018 and the study sample was taken by 2 schools using purposive sampling technique. Related data were analyzed by independent ttest. Theresult of data analysis obtained student learning outcomes that are taught using a Virtual Laboratory based learning model is superior to learning models that use Real Experiment.

Keywords


Virtual Laboratory; Real Experimen; Learning Outcomes

References


Ackerman, E., dkk. 1988. Ilmu Biofisika. Surabaya: Airlangga University Press

Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT. Aditya Andrebina Agung Arikunto, S.2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta

Anwar, M.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta

Dimyati dan mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Doelle, L. L. 1972. Evironment Acoustics. New York: McGraw-Hill Company, Inc

Giancoli, D. C. 1998. Fisika Edition Empat. Jakarta: Erlangga

Giancoli, D. C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Gunawan. 2011. Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Model Virtual laboratory Fisika Modern. Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No.2, November 2011. ISSN 1412-6087. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pengembangan pada Masyarakat IKIP Mataram

Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(1):84

Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Jati, B. M. E. dan Priyambodo, T. K. 2010. Fisika Dasar Listrik-Magnet-Optika- Fisika Modern. Yogyakarta: Andi

Lambaga, I. A. 2019. Tinjauan Umum Konsep Fisika Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Nanik, S., Leni, Y., & Wasis. 2013. Perbedaan Penggunaan Laboratorium Real Laboratorium Virtual pada Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2(2): 192

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., Jatmiko, B. 2013. Imlementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.2(1):19

Puspita, R. 2008. Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008. ISSN : 1411-6286

Resnick, R. & Halliday, D. 1992. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga diterjemahkan oleh Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Bandung: ITB

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana PrenadaMedia

Group

Soedojo, P. 1992. Azas-azas Ilmu Fisika Jilid 3 Optika. Yogyakarta: UGM Press Sudjana, N. 2005a. Metode statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito

Soedojo, P. 2005b. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CVAlfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sujana, A. 2014. Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasi. Bandung: UPI PRESS Suparman, A. R., Santoso, B. B., &Sumarni. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari. Jurnal Nalar Pendidikan. 5(1): 22

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sutrisno, 1988. Gelombang dan Optik, Seri Fisika Dasar Jilid 2. Bandung: Institut TeknologiBandung

Totiana, F., dkk. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 Tahun 2012 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. ISSN2337-9995




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.14759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nurfadlun Faradila Dalu, Tirtawaty Abdjul, Nova Elysia Ntobuo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.