PELATIHAN PEMBUATAN PENYARINGAN AIR SEDERHANA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH MASYARAKAT

Ekawaty Prasetya, Andi Ruhban

Abstract


Ketersediaan air bersih sejak dahulu sudah menjadi salah satu ciri kesejahteraan masyarakat. Betapa tidak tanpa ada air bersih tidak mungkin terwujud masyarakat sejahtera, masyarakat yang sehat jasmani dan rohani. Sebagai praktisi kesehatan dalam rangka mendukung visi misi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai wujud partisipasi dalam mengembangkan kesehatan masyarakat, Tujuan kegiatan pengabdian ini  untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat melalui pelatihan pembuatan penyaringan air sederhana yang berlokasi di desa Bulotalangi Timur, Kec. Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Metode pelaksanaan kegiatan dengan cara praktek atau simulasi pembuatan penyaringan air, pelatihan bagaimana cara pembuatan penyaringan air sederhana yang bisa digunakan sebagai sumber air bersih bagi keluarga yang dilaksanakan selama 1 bulan dan diskusi yang melibatkan 30 orang peserta. Hasil kegiatan pelatihan ini didapatkan dua unit penyaringan air sebagai percontohan, kemudian secara teknis penyaringan air dapat diterima masyarakat karena materialnya mudah didapatkan  dan dapat diterima masyarakat. Kesimpulan Pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di pedesaan dapat di lakukan melalui kegiatan pembuatan penyaringan air sederhana.

Kata Kunci ; Pelatihan; Penyaringan; Air Bersih; Kebutuhan Masyarakat.

 

Full Text:

PDF

References


Arya W. Dampak Pencemaran Lingkungan. Jogyakarta : ANDI; 2004.

Bolango PKB. Potensi dan Budaya. Pemkab Bone Bolango. 2020.

Gobel R. Waspada, Kabupaten Bone Bolango Masuk Dalam Daerah Rawan Bencana. Harian Gorontalo. 2016;

G. Effendi H. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.; 2003.

Hidup KL. Pengendalian Pencemaran Air, Jakarta. 2004.

A.J.Hartono dan M.C.Widiatmoko. Mengolah Air Kotor Menjadi Air Bersih. 1994.

Kemenkes RI. Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta : Kemenkes RI. 2012.

Boekoesoe L, Robiyah R, Yantu VM. Dan Status Ekonomi Masyarakat Clean and Healthy Life Behavior in Household Arrangements Reviewed From the Aspect of Knowledge and Status of. 2016;241–57.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum. Peratur Menteri Kesehat Republik Indones. 2017;1–20.

Lia Amalia. Survei Sarana Kesehatan Lingkungan Masyarakat Desa Kramat Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jambura J Heal Sci Res. 2019;1(1):30–6.

Alimsyah A, Damayanti A. Penggunaan Arang Tempurung Kelapa dan Eceng Gondok untuk Pengolahan Air Limbah Tahu dengan Variasi Konsentrasi. J Tek Pomits [Internet]. 2013;2(1):D6–9. Available from: http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/3170

Aliya. Mengenal Teknik Penjernihan Air. Semarang : Aneka Ilmu. 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i1.11239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.