PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI PENYULUHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK-ANAK DI KAMPUNG SUNGAI BARU, BANGKA BARAT, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Mahartira Ademelia Putri, Khoiriyah Isni

Abstract


Salah satu indikator dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang merupakan cara cuci tangan dengan sabun untuk mencegah berbagai penyakit. CTPS dilakukan untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Masyarakat menganggap CTPS tidak penting, mereka cuci tangan pakai sabun ketika tangan berbau, berminyak dan kotor. Melihat masalah tersebut maka diperlukannya suatu intervensi kesehatan. Kebaruan pengabdian ini adalah untuk peningkatan pengetahuan mengenai penyuluhan cuci tangan pakai sabun pada anak-anak di Kampung Sungai Baru, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai CTPS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah rancangan one group pretest-posttest design. Subjek kegiatan ini adalah anak-anak usia 6-12 tahun sebanyak 21 orang yang dilakukan pada tanggal 9 November 2021 di Muntok. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pra pelaksanaanya yaitu mendapati hasil analisis situasi dan perizinan kemudian membuat media berupa poster langkah cuci tangan pakai sabun dengan benar. Kemudian di pelaksanaannya dilakukan pengisian kuesioner pretest, lalu memberikan edukasi berupa tata cara cuci tangan pakai sabun dengan benar. Hasil evaluasinya melalui hasil kuesioner pretest dan post-test menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pengetahuan responden penyuluhan tentang CTPS sebelum penyuluhan dengan pengetahuan responden tentang punyuluhan CTPS setelah penyuluhan. Kesimpulan penyuluhan tentang CTPS pada anak dapat memutus mata rantai penmularan penyakit. 

Kata Kunci: CTPS; Promosi kesehatan; Edukasi kesehatan

 


Full Text:

PDF

References


Notoadmodjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. In: Edisi Revi Jakarta: Rineka Cipta. 2012.

Nurochim. Pemberdayaan Masyarakat Rural Melalui Pendidikan (Pelatihan Aplikasi Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 Abad 21). J Masy Mandiri. 2018;2(2):126–32.

Mardhiati R. Pesan Kesehatan : Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. J Ilm Kesehat. 2013;2(3).

DG J, NKA M, NA P. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. J Cent Res Publ Midwifery Nurs. 2019;3(1):11–20.

Boekosoe L, Irwan, Yantu RRVM. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Tatanan Rumah Tangga Ditinjau Dari Aspek Pengetahuan Dan Status Ekonomi Masyarakat. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2018;2(2):241–56.

Departemen Kesehatan RI. Panduan Penyelenggaraan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). Jakarta; 2009.

Nakoe MR, S NA, Mohamad YA. Perbedaan Efektivitas Hand-Sanitizer Dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19. Jambura J Heal Sci Res. 2020;2(2):65–70.

Desiyanto FA, Djannah SN. Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. J Kesehat Masy (Journal Public Heal. 2013;7(2):75–82.

Nurfadillah A. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). JPKM J Pengabdi Kesehat Masy. 2020;1(1):1–6.

RI K. Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Pusat Data dan Informasi: Jakarta Selatan. 2014.

BPDPKK R. Riset Kesehatan Dasar 2013. Kementerian Kesehatan: Jakarta. 2013.

BPPSDMK. Pedoman Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran. J Pendidik. 2020;2(1):1–96.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i2.12483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.