MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF GEREJA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO TIMUR
Abstract
Moderasi beragama merupakan tema utama yang diangkat oleh Kementerian Agama sebagai upaya Kementerian Agama menetralisir berbagai geliat Gerakan ekstrimisme, intoleransi dan radikalisme. Kebaruan kegiatan pengabdian ini karena memberikan moderasi beragama dalam pendidikan inklusif gereja. Untuk itu para praktisi di Kementerian Agama mendapat mandat untuk menggemakan Moderasi Beragama ini dalam berbagai kegiatan pelatihan, penelitian dan Pendidikan. IAKN Palangka Raya sebagai salah satu institusi dalam Kementerian Agama juga bergerak dari prinsip ini termasuk dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pada tahun ini kegiatan dilakukan di Kawasan Kementerian Agama kabupaten Barito Timur. Pendekatan yang dilakukan menggunakan metode ABCD merupakan sebuah cara dalam menetralkan pendekatan problem-based atau pendekatan penelitian yang berbasis pada masalah dalam perkembangan komunitas dengan memaksimalkan potensi yang ada dalam masyarakat dengan anggapan bahwa pada wilayah ini telah ada potensi besar untuk dikembangkan sehingga TIM Pascasarjana IAKN selaku pemegang mandat PKM dari LP2M IAKN Palangka Raya berperan sebagai pendampingan bagi guru-guru agama Kristen, para rohaniawan Kristen, jemaat lokal dan para pelajar Kristen untuk menegakkan semangat moderasi beragama di lingkungan Kementerian Agama kabupaten Barito Timur. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama lima bulan dengan tiga kali kunjungan termasuk kunjungan survey, FGD dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu sendiri. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari kalangan guru-guru PAK, rohaniawan Kristen, para orang tua dan para remaja Kristen. Kegiatan ini menghasilkan MOU dengan GKE Resort Tamiang Layang, Sertifikat PKM, Laporan PKM dan Artikel PKM. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dan mendapat sambutan baik dari masyarakat dan kedepannya, akan dilaksanakan berbagai program aktual pengembangan moderasi di lingkungan IAKN Palangka Raya dan Bimas Kristen Kementerian Agama kabupatn Barito Timur.
Kata Kunci: Moderasi Beragama; Barito Timur; Tamiang Layang; Pendidikan Inklusif, ABCD.
Full Text:
PDFReferences
Walker J. Building from Strength: Asset-Based Community Development. Communities Bank [Internet]. 2006;25–7. Available from: http://ideas.repec.org/a/fip/fedbcb/y2006iwinp25-27.html
Dzikronah. Statistik Daerah Kabupaten Barito Timur 2021. Barito Timur: BPS Barito Timur; 2021.
Pretorius E, Nel H. Reflections on the Problem-Based Approach and the Asset-Based Approach To Community Development. Soc Work Pract. 2012;24(2):2012.
Wood SK. Asset-Based Community Development: A Case Study. Canada: Heritage Branch; 2008.
Peters B, Mathie A, Legesse S. Testing an asset-based , community-driven development approach : 10 years of action research i in Ethiopia A Reflection Paper for the 2013 IDRC Canadian Learning Forum. 2014;
Wainarisi YOR. Formulasi Paradigma Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkeadilan Bagi Masyarakat Waropen Papua: Suatu Pendekatan Teologi Kontekstual. STT Cipanas; 2020.
Harrison R, Blickem C, Lamb J, Kirk S, Vassilev I. Asset-Based Community Development: Narratives, Practice, and Conditions of Possibility—A Qualitative Study With Community Practitioners. SAGE Open. 2019;9(1).
Kementerian Agama RI. Penguatan Moderasi Beragama 2020-2024. Jakarta: Kementerian Agama RI; 2020. 162 p.
Hasan M. Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Mubtadiin [Internet]. 2021;7(Juli-Desember):110–23. Available from: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
Nisa MK, Yani A, Andika, Yunus EM, Rahman Y. Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi Berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital. J Ris Agama [Internet]. 2021;1(Desember):79–96. Available from: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra%0AModerasi
Anshari MR, Surawan, Purnama AMI, Azmy A. Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren. Yogyakarta: K-Media; 2021.
Mutawakkil MH. Nilai-nilai pendidikan moderasi beragama untuk mewujudkan toleransi umat bergama dalam perspektif emha ainun najdib [Internet]. UIN Maulana Malik Ibrahim; 2020. Available from: http://etheses.uin-malang.ac.id/25473/
Naj’ma DBA, Bakri S. Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica. 2021;5(2):422–34.
Saifuddin LH. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI; 2019.
Hadi LS. Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Agent of Change Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Prodi Tadris Ips. 2020;11:124–35.
NS HR. Upaya Membentuk Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa di Upt Ma’Had Al-Jami’Ah Uin Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung; 2021.
Baharun H, Awwaliyah R. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam. Model J Progr Stud PGMI [Internet]. 2018;5(1):57–71. Available from: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/1929/1408/
Wibowo AT, Anisa NL. Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia. Publ Ilm UMS. 2017;(2):16–20.
Stubbs S. Pendidikan Inklusif Ketika hanya ada sedikit sumber [Internet]. The Atlas Alliance. The Atlas Alliance; 2012. 1–138 p. Available from: Co-ordinator@iddc.org.uk /July 2002%0AAlih
Harahap D, Hastina N. Implementasi Pendidikan Inklusif Sdn No. 067261 Medan Marelan. Pros Semin Nas Multidisiplin Ilmu UNA [Internet]. 2017;(067261):1119–25. Available from: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwixrY3kguboAhVZaCsKHSd3AxYQFjAAegQIAhAB&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2Freuk2%2Fdownload%2F%3Fformat%3Dpdf&usg=AOvVaw1WAhIlPXCVxp9JPy_rH2Zd
Rumahuru YZ. Pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama: Strategi merawat keberagaman di Indonesia. Kurios. 2021;7(2):453–62.
Nawawi. Moderasi Beragama Pada Masyarakat Inklusif Kota Batu (Studi Konstruksi Sosial). Disertasi. 2020;1–262.
Akhmadi A. Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia ’ S Diversity. J Diklat Keagamaan. 2019;13(Februari-Maret):45–55.
Qasim M. Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. Gowa: Alauddin University Press; 2020.
Suratman E, Pakpahan GKR. Moderasi Beragama dalam Perspektif Hukum Kasih. Pros Pelita Bangsa. 2021;1(2):1–10.
Boles HL. A Commentary on The Gospel According to Matthew. Tennessee: Gospel Advocate Company; 1976.
Wainarisi YOR. Belajar Pemimbing Pengetahuan Perjanjian Lama dalam Satu Semester. Palangka Raya: IAKN Palangka Raya; 2021.
Keener CS. A Commentary on The Gospel Of Matthew. Grand Rapids: William B. Eerdmans; 1999.
France RT. The New International Commentary on the New Testament: The Gospel of Matthew. Grand Rapids: William B. Eerdmans; 2007.
Henry M. Commentary on the Whole Bible Volume V ( Matthew to John ). Grand Rapids: Christian Classics Ethereal Library;
Subawa P. Falsafah Tri Hita Karana sebagai Fondasi Moderasi Beragama. Widyacarya. 2021;5(1):65–9.
Pendis D. Pedoman Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI; 2019.
Fitriani D. Prabayaksa : Journal of History Education. J Hist Educ. 2021;1:21–5.
Santosa E. Revitalisasi Dan Eksplorasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Konteks Pembangunan Karakter Bangsa. Forum Fam Plan West Hemisph [Internet]. 2015;40(2):12–26. Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/forum/article/view/8202/6722
Tjahyadi I, Wafa H, Zamroni M. Kajian Budaya Lokal. 2019. 29–40 p.
Sumarto S. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. J Literasiologi. 2019;1(2):16.
Wainarisi YOR, Tumbol SN. Pergeseran Makna Sungai Kahayan bagi Masyarakat Dayak Ngaju di Desa Bukit Rawi Kabupaten Pulang Pisau. 2022;6(1):181–94.
Wainarisi YOR, Tumbol SN. Perubahan Makna Teologi Sungai Kahayan bagi Masyarakat Bukit Rawi. Manna Rafflesia. 2022;2(April):139–53.
M J. Tradisi Mappasoro Bagi Masyarakat Desa Barugariattang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. [Makassar]: UIN Alauddin Makassar; 2017.
Nurdiyanah, Rika D.AP D. Panduan pelatihan dasar. 2016. 01–84 p.
DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v4i1.17130
Refbacks
- There are currently no refbacks.