PENANGGULANGAN PENYAKIT ZOONOSIS MELALUI METODE OH –SMART

Irwan Irwan, Nur Ayini S. Lalu

Abstract


Penyakit zoonosis didefinisikan sebagai  penyakit menular yang ditularkan secara  alamiah dari hewan domestik atau hewan liar ke manusia. ‘Emerging zoonoses’ merupakan penyakit zoonosis yang baru muncul, dapat terjadi  dimana saja di dunia, dan dampaknya berpotensi menjadi begitu parah. Tujuan kegiatan pengbdian kesehatan masyarakat untuk melakukan penanggulangan penyakit zoonosis dimasyarakat melalui Metode “One Health Systems Mapping and Analysis Resource Toolkit  (OH SMART). Metode OH SMART adalah sebuah instrumen atau alat bantu sumber daya pemetaan dan analisisa sistem One health yang dkembangkan  untuk menanggulangi maslah penularan penyakit khususnya penyakit bersumber binatang (Zoonosis). Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 30 hari di Desa Hutabohu Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan  masyarakat sebanyak 20 orang dan kader kesehatan sebanyak 15 orang yang  bekerja dalam area dengan  saling berkolaborasi untuk mencapai pemahaman yang lebih baik mengenai  semua faktor yang terlibat dalam penyebaran penyakit, kesehatan ekosistem, serta kemunculan patogen baru dan agen zoonotik.  Hasil kegiatan tersusunya dokumen penanggulangan penyakit zonoisis di desa Hutabohu, dokumen tersebut menjelaskan peran fungsi dan cara melakukan pencegahan terhadap penyakit zoonoissi melalui diagram OH-SMART yang meliputi ; Mengidentifikasi siapa saja instansi mana saja yang terlibat dan apa perannya, memetakan proses/interaksi pada masing-masing instansi, sektor dan lintas sektor lainnya, mengidentifikasi kesenjangan/ketidaksesuaian  dan membangun kepemimpinan partisipatif, bekerja multidisiplin, lintas sektor dan lintas  budaya . Kesimpulan penanggulangan penyakit zonoisis dapat dicegah melalui perencanaan dalam kerangka OH SMART di tingkat Desa.

Kata kunci: Kolaborasi; Penyakit zoonosis; OH SMART.


Full Text:

PDF

References


Serikat UOMA. Modul Pelatihan One Health System Mapping And Analysis Resources Toolkit. In 2016.

Cleaveland S, Laurenson M, Taylor L. Diseases Of Humans And Their Domestic Mammals: Pathogen Characteristics, Host Range And The Risk Of Emergency. Philos Trans R Soc L B Biol Sci. 2011;356(1411):991–9.

Angulo F, Nunnery J, Bair H. Antimicrobial resistance in zoonotic enteric pathogens. Rev Sci Tech. 2014;23(2):485.

Brown C. Emerging Zoonoses And Pathogens Of Public Health Ignificance – An Overview. Rev Sci Tech. 2014;23(2):435–42.

N S. Pengertian Analisis Swot Dan Manfaatnya. Http://Www.Pengertianku.Net/2015/03/Pengertian-Analisis-Swot-Dan-Manfaatnya.Html. 2017.

S M. Factors And Determinants Of Disease Emergence. Rev Sci Tech. 2014;23(2):443–51.

Irwan, Akuba M. Uji Efektifitas Kombinasi Perasan Jeruk Nipis Dan Mentimun Terhadap Mortalitas Kecoa. Jambura J Heal Sci Res. 2019;1(2).

A T. Emerging Diseases And Mplication For Global Trade. Rev Sci Tech. 2014;23(2):701–8.




DOI: https://doi.org/10.37905/.v1i1.7285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.