PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK PANTAI PELABUHAN MENJADI SOFA KELUARGA

Laksmyn Kadir

Abstract


Desa Telaga Kec. Popayato Kab. Pohuwato memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan jika program-program yang ada pada pemerintah dapat ditindak lanjuti secara bersama-sama oleh pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi. Desa Telaga Kec. Popayato Kab. Pohuwato memiliki letak demografi dan topografi yang sangat mendukung kegiatan dan aktivitas pengelolaan sampah. Kesadaran masyarakat khususnya pentingnya menjaga kebersihan lingkungan masih sangat kurang karena masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik bekas pembungkus makanan, botol-botol Aqua yang dibiarkan berserakan di sekitarnya.Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pelatihan dan aksi sosial Pemanfaatan sampah kemaritiman plastik adalah ; Untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai cara memanfaatkan sampah dilingkungan sekitar tempat pemukiman, Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat tentang pemanfaatan sampah plastic, Untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga dan memberikan peluang menambah pendapatan ekonomi masyarakat, Memberikan pemahaman akan dampak negatif dari kegiatan-kegiatanyang dapat merugikan masyarakat apabila lingkungannya tercemar dan Mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan kerusakan lingkungan yang selama ini telah di upayakan dengan baik melalui kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan pengusaha. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut : Materi singkat, Tanya jawab,  Demontrasi dan latihan. Hakikat dasar pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup merupakan modal utama pengembangan sumber daya alam dan sumber daya manusia sehingga dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk mengupayakan pelestarian lingkungan

Kata kunci : Pengelolaan sampah; Kebersihan lingkungan; Sofa keluarga.


Full Text:

PDF

References


Fandeli C, Muklhlison. Pengusahaan ekowisata. In: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. 2010.

Amalia L. Survei Sarana Kesehatan Lingkungan Masyarakat Desa Kramat Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jambura J Heal Sci Res. 2019;1(1):30–6.

Boekosoe L. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Tatanan Rumah Tangga Ditinjau Dari Aspek Pengetahuan Dan Status Ekonomi Masyarakat. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2018;2(2):241–56.

Trihadiningrum Y, Wigjosoebroto S, Simatupang ND, Damayanti O. Reduction capacity of plastic component in municipal solid waste of Surabaya City, Indonesia. In: Environmental Technology and Management Conference. 2010.

Purwaningrum P. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. J Teknol Lingkung. 2016;8(2):141–7.

Putra A, Husrin S. Kualitas Perairan Pasca Cemaran Sampah Laut Di Pantai Kuta Bali. J Ilmu dan Teknol Kelaut Trop. 2017;9(1):57–66.

Pratama NP, Saptoadi H. Characteristics of Waste Plastics Pyrolytic Oil and Its Applications as Alternative Fuel on Four Cylinder Diesel Engines. Int J Renew Energy Dev. 2014;3(1):13–20.

Thorat PVW, Sathone H. Thermofuel – “ Pyrolysis of waste plastic to produce Liquid Hydroocarbons”. Advances in Polymer Science and Technology. An Int J. 2013;3(1):14–8.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v1i1.7924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.