STRATEGI OPTIMALISASI COMPETITIVE ADVANTAGE UMKM KOTA SEMARANG DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI CV NEW CITRA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi optimalisasi competitive advantage UMKM Kota Semarang di era digital (studi kasus di CV New Citra). Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangatlah sentral dan kontribusinya terhadap sektor perekonomian nasional sangat tinggi. Tingkat resiliensi UMKM juga tinggi terlebih saat terjadi krisis moneter saat itu dan terus bertahan sampai sekarang. Meskipun demikian, keterbatasannya adalah masih minimnya strategi pemasaran terlebih di era digital seperti sekarang ini yang kurang adaptif, tingkat kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang minim, adaptasi teknologi masih rendah, daya inovasi dan kreativitas juga belum optimal. Oleh karena itulah, competitive advantage pada suatu UMKM juga tidak optimal. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data adalah berbasis triangulasi sumber dengan teknik Miles & Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa growth mindset sangat penting dalam berwirausaha. Pada analisis bauran pemasaran juga menjadi pertimbangan khusus pada operasional usaha CV New Citra. Tidak hanya tentang kualitas mutu produk tetapi juga persaingan harga, tempat usaha dan distribusi serta media promosi yang digunakan dalam mengoptimalkan consumer engagement. Konsep sustainable entrepreneurship sebagai pendekatan bisnis berkelanjutan dengan mengoptimalkan model adaptasi teknologi digital mampu meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas dan profitabilitas usaha di CV New Citra.
Kata Kunci: Competitive Advantage; Digitalisasi; Kewirausahaan Berkelanjutan; Strategi; UMKM
Full Text:
PDFReferences
Aldania, A., & Niswah, F. (2021). Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan Umkm Pasca Pandemi Covid-19 (Studi padaPemerintah Kota Surabaya). Publika, 19, 137–148. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p137-148
Afriani, R. I., & Khodijah, I. (2020). Pemberdayaan perempuan dan diversifikasi olahan ikan bandeng di Desa Sawah Luhur. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 153-161.
Akantu, R., & Gubali, S. I. (2023). Preferensi konsumen terhadap produk nugget ayam di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jambura Journal of Tropical Livestock Science, 1(1).
Angger Dawang Pinandita. (2022). Industri Bandeng Olahandi Kelurahan Krobokan Semarang Barat, 1990-2019. Historiografi, 3(1), 10–20.
Anisa Nur Hidayah, Kusumantoro, & Moch Faizal Rachmadi. (2024). Enhancing Community Economy through Jollong Gardens: A Local Heritage and Ecotourism Strategy. SOSHUM (Jurnal Sosial Dan Humaniora) Journal of Social Sciences and Humanities, 14(2), 100–110.
Azhari, E., Aliredjo, M. S., Dharmayanti, N., & Purnomo, A. H. (2023). Sterilization of Ready-to-Eat Products: Skipjack Tuna (Katsuwonus pelamis Linnaeus 1778) in Retort Pouch Package. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 26(1), 77–86. https://doi.org/10.17844/jphpi.v26i1.41863
Budi, F. S., Fadhillah, A. A., & Kusumaningrum, H. D. (2024). Karakteristik dan Pengaruh Proses Sterilisasi terhadap Mutu Fisik Produk Lauk Berkuah dalam Kemasan Retort Pouch: Tinjauan Sistematis. Rekayasa, 17(3), 484-500.
Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan revolusi industry 4.0: Mencegah Smart ASN menjadi mitos dalam agenda reformasi birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 313-336
Fadhillah, A. A., Budi, F. S., & Kusumaningrum, H. D. (2024). Karakteristik dan Pengaruh Proses Sterilisasi terhadap Mutu Fisik Produk Lauk Berkuah dalam Kemasan Retort Pouch : Tinjauan Sistematis. REKAYASA Journal of Science and Technology, 17(3), 484–500.
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237-250.
Hafizi, M. A., & Athar, H. S. (2024). Pengaruh Sertifikat Halal, Legalitas Usaha, dan Kualitas Kemasan dalam Membentuk Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue Dikota Mataram.
ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 5(1), 100–105. https://doi.org/10.29303/alexandria.v5i1.578
Hidayah, A. N., & Rachmadi, M. F. (2024). Enhancing Community Economy through Jollong Gardens: A Local Heritage and Ecotourism Strategy. SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora, 14(2), 100-110.
Jameelah, M., Komalasari, E., Diandra, A. P., Giovanni, S., & Yunus Efendi. (2022). Pendampingan Legalitas Usaha, Spp-Irt, Dan Sertifikasi Halal Produk Umkm Desa Pagelaran, Kecamatan
Malingping, Lebak, Banten. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 22(2), 117–128. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v22i2.2992
Kartikaningsih, H., Asmara Wati, L., Primyastanto, M., Supriyadi, S., & Ayu Christianty Putri, R. (2021). Otak Otak Bandeng Milenial, Diversifikasi Produk Bandeng Cabut Duri Untuk Segala Umur Dari Cv Anugrah Mitra Lestari. Journal of Innovation and Applied Technology, 7(1), 1208–1212. https://doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.007.01.14
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2024). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html#:~:text=Kontribusi%20UMKM%20terhadap%20perekonomian%20Indonesia,data%20semester%20I%20tahun%202021). Diakses pada 10 Mei 2025.
Marpaung, S. F., Siregar, H. Z., Abdillah, F., Fadilla, H., & Manurung, M. A. P. (2023). Dampak Transformasi Digital terhadap Inovasi Model Bisnis dalam Start-up Teknologi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6111-6122
Pinandita, A. D., & Susilowati, E. (2024). Perkembangan Industri Bandeng Olahan di Kelurahan Krobokan Semarang Barat dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Penduduk Sekitar, 1990-2019. Historiografi, 3(1), 10-20.
Rachmadani, W. S., & Margunani, M. F. R. (2023). Assistance and Digitalization of MSMEs Based on Optimization of Digital Promotional Content Creation. Indonesia Journal of Devotion and Empowerment, 5(2), 13–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/ijde/article/view/71970%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/ijde/article/download/71970/26445
Rachmadi, M. F., & Prajanti, S. D. W. (2023). Optimizing Digital Literacy in Increasing Competitive Advantage and Corporate Performance. Dinamika Pendidikan, 18(2), 220- 231.
Rawat, R. S., Kothari, H. C., & Chandra, D. (2022). Role of the Digital Technology in accelerating the growth of micro, small and medium enterprises in Uttarakhand: Using TAM (Technology Acceptance Model). International Journal of Technology Management and Sustainable Development, 21(2), 205–227.
Yuliah, Raden Irna Afriani, & Ina Khodijah. (2020). Pemberdayaan Perempuan Dan Diversifikasi Olahan Ikan Bandeng Di Desa Sawah Luhur. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 153–161. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.15
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alpabeta.
DOI: https://doi.org/10.37905/jsep.v3i1.33220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi Jurnal Studi Ekonomi dan Pembangunan: Program Studi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Jalan Jendral Sudirman, Nomor 6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia. Telp. 0811432884; 08114329905 (Telepon/SMS/WA), E-mail : [email protected]