Analisis Nilai Hedonik Nugget Ikan Cakalang yang Disusbtitusi Dengan Rebung Betung

Iswan Ismail, Asri Silvana Naiu, Lukman Mile

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah membuat nugget ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) yang disubstitusi rebung (Dendrocalamus asper). Tahap penelitian ini untuk mencari formulasi penggunaan komposisi ikan cakalang dan rebung. Analisis data organoleptik yang digunakan adalah Kruskall-wallis dengan parameter uji yaitu rasa, tekstur, aroma, warna dan kenampakan. Uji lanjut dilakukan dengan Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subtitusi rebungpada nugget ikan cakalang berpengaruh nyata terhadap tekstur, rasa dan aroma, tetapi tidak berbeda nyata dengan kenampakan dan warna dengan nilai rata-rata 5,80-8,08 dengan kriteria agak suka sampai sangat suka.

Keywords


Substitusi; rebung betung; ikan cakalang; nilai hedonik

References


Alamsyah, Yuyun. 2007. SUK & M: Nugget: Gramedia Pustaka Utama.

Astawan, M. 2008. Sehat Dengan Hidangan Hewani. Penebar Swadaya.Jakarta.

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo. 2014. Laporan Produksi Perikanan Gorontalo 2014. Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo. Gorontalo.

Erawaty, W. R. 2001. Pengaruh Bahan Pengikat, Waktu Penggorengan dan Daya Simpan terhadap Sifat Fisik dan Organoleptik Produk Nugget Ikan Sapu-sapu (Hyposascus pardalis). Skripsi. IPB. Bogor.

Gumilar, J., Robin, R., Winda, N. (2011). Kualitas Fisikokimia Nugget Ayam yang Menggunakan FilerTepung Suweg (Amorphophalluscampanulatus).Jurnal Ilmu Ternak, Vol. 11, No. 1, 1. Universitas Padjajaran. Bandung.

Hadiwiyoto S. 1993. Teknologi Hasil Perikanan. Liberty. Yogyakarta.

Handoko, Agus. 2003. Budi Daya Bambu Rebung. Kanisius.Yogyakarta.

Hasanah, R. 2007. Pemanfaatan Rumput Laut (Glacilaria sp.) Dalam Peningkatan Kandungan Serat Pangan Pada Sponge Cake. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Irianto, H. E., dan I. Soesilo. 2007. Dukungan Teknologi Penyediaan Produk Perikanan. Makalah pada Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia.Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Bogor.

Pomanto, N. 2015.Karaktersitik organoleptik dan kimia nugget udang rebon (Mysis sp.) dengan penambahan tepung ubi kayu (Manihot sp.).Skripsi.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauran.Universitas Negeri Gorontalo.Gorontalo.

Pikoli, N. 2015. Pengaruh penggunaan tepung dedak jagung (Zea mays) sebagai bahan pengisi terhadap karakteristik organoleptik dan kimiawi nugget ikan nike (Awaous melanocephalus). Skripsi.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Rospiati, E. 2007.Evaluasi Mutu dan Nilai Gizi Nugget Daging Merah Ikan Tuna (Thunnus sp.) yang Diberi Perlakuan Titanium Dioksida. Thesis, Danamandir Online.http://www.danamandiri.or.id/detail.php?i

Suharso T. 2006. Pembuatan Bubuk Flavour Kepala Udang Windu (Penaeus monodon) Secara Enzimatik Sebagai Bumbu Instan Masakan.[Skripsi].Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tanya, A.K.N., Mbofung, C.M.F., and Keshinro, O.O. 1997. Soluble and insoluble fiber contents of some Cameroonian foodstuffs. Plant Foods Human Nut.

Utiarahman, G. 2013. Karakteristik Nugget Ikan Layang (Decapterus sp.) yang disubtitusi dengan tepung ubi jalar (Ipomea batatas L).Skripsi.Universitas Negeri Gorontalo.Gorontalo.

Wahanani, D. E. 2014. Pemanfaataan Rebung (Tunas Bambu) Menjadi Nugget Dengan Penambahan Kunyit Sebagai Pengawet Alami.Skripsi.Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.

Wellyalina, Azima F dan Aisman. 2013. Pengaruh Perbandingan Tetelan Merah Tuna dan Tepung Maizena Terhadap Mutu Nugget. Jurnal aplikasi teknologi Pangan 2 (1): 9-17.

Winarno. 2008. Pengolahan Ikan tenggiri . www.google.com. di akses tanggal 8 Nopember 2011




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v11i2.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter