PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LIMBOTO

Hamdan Halalutu, Ishak Isa, Nurhayati Bialangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model problem based learning dan model discovery learning pada materi larutan asam dan basa di madrasah aliyah negeri limboto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Limboto. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung(0,15) lebih besar dari ttabel(2,04), maka hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak. Hal tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model problem based learning dan model discovery learning pada materi larutan asam dan basa di Madrasah Aliyah Negeri Limboto.


Keywords


Kognitif, Problem Based Learning, Discovery, Asam Basa.

References


Arends, R. I. 2004. Learning To Teach. (6th Ed). New York: McGraw-Hill.

Nurdiansyah, Budi. 2008. Penggunaan Metode Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Induktif Siswa.

Sibarani, Hotmian. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa Sma Kelas Xi Ipa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Undergraduate thesis. UNIMED.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Inovatif dan Implementasinya pada Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulfajri, M., & Amelia, R. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Edukasi Kimia :JEK.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS