Penerapan Model Quantum Learning Sebagai Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia

Lilis Lisnawati, Siti Suryaningsih, Buchori Muslim

Abstract


Siswa pada umumnya mengalami kejenuhan pada pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model quantum learning sebagai upaya menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mempelajari kimia. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment menggunakan desain matching pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data mempergunakan teknik non tes, instrumen berupa kuesioner kejenuhan belajar. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dari data N-gain yaitu sig.(2-tailed) = 0,093 / 2 = 0.0465 < 0,05 atau H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning berperan sebagai upaya menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mempelajari kimia. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi para guru untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kimia di sekolah yang dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mata pelajaran kimia.

Keywords


Kejenuhan Belajar, Quantum Learning, Siswa

Full Text:

PDF

References


Acat, M. B., & Yusuf, A.Y. (2014). An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education. 5(2): 11-23.

Aypay, A. (2017). A positive model for reducing and preventing school burnout in high school students. Educational Sciences: Theory & Practice, 17(4), 1345–1359.

Aro, K.S., & Upadyaya, K. (2014). School burnout and engagement in the context of demands–resources model. British Journal of Educational Psychology. 84, 137–151.

Boyaci, M., & Özhan, M. B. (2018). The role of hope and family relations of school burnout among secondary school students: A structural equation modeling. Egitim ve Bilim, 43(195), 137–150.

DePorter, B. & Mike. (2007). Quantum Learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Penerjemah, Alwiyah Abdurrahman. Bandung. Penerbit Kaifa.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Güler, M., & Yazıcı.M. (2018). Kuantum Öğrenme Yaklaşımını Benimseyen Çalışmalara Yönelik Bir Tematik İçerik Analizi. Bayburt Fakultas Pendidikan Journal. 13,93-108.

Iwantara, W., Sadia W., & Suma K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Martika, W., & Hermayawati. (2016). Improving Students’ Reading Skill by Using Quantum Learning. Journal of English Language and Education, 2, 2.

Maslach, C., & Leiter M. P. (2007). Burnout. This article is a revision of the previous edition article by C Maslach and MP Leiter, 1, 358-362.

Rahayu, T., Joyoatmojo, S., & Wahyuni, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mempelajari Ekonomi Kelas X 1 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ramlan, A.M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Quantum Learning Dengan Teknik Mind Mapping. Journal of Educational Science and Technology. 3, 2.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Seibert, G. S., May, R. W., Fitzgerald, M.C., & Fincham, F. D. (2016). Understanding school burnout: Does self-control matter? Learning and Individual Differences, 49, 120–127.

Sujatmika, S., Hasanah, D., & Hakim, L. L. (2018). Effect of quantum learning model in improving creativity and memory. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1).

Sunyono., Wirya, I. W., Suyanto, E., Suyadi, G. (2009). Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Jurnal Pendidikan.

Suwidagdho, D. (2016). Efektivitas Terapi Tawa Untuk Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar PadaSiswa Kelas XI di SMA 11 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 4 Tahun ke 5.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan, dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yavuz, G., & Dogan, N. (2014). Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI- SS): A Validity Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2453–2457.

Zeybek, G. (2017). An Investigation on Quantum Learning Model. International Journal of Modern Education Studies. 1, 1.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No. 06, Kota Tengah, Kota Gorontalo, 96128, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2020 Universitas Negeri Gorontalo. Powered by Public Knowledge Project OJS