Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur Atom-Nanoteknologi

Padria Haleda, Ishak Isa, Haris Munandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi struktur atom-nanoteknologi. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat dominasi metode ceramah dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, melibatkan dua kelas sebagai sampel, dengan kelas eksperimen menggunakan model PjBL dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data melalui tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 72%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Nilai N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang. Uji statistik menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning mampu mendorong keterlibatan aktif siswa, memperkuat pemahaman terhadap konsep abstrak, serta menumbuhkan keterampilan abad ke-21 yang esensial dalam proses pembelajaran kimia.

Keywords


Project Based Learning ; berpikir kritis; struktur atom; Nanoteknologi

References


Fadhilah, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur Atom-Nanoteknologi. Jakarta.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi. Lintas Nalar.

Hamidah. (2021). Analisis Berpikir Ktitis Dan Hasil Belajar Pada Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Sel Volta SMK Negeri 2 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Hassan, P., Abdul Rauf Laliyo, L., Natalia Botutihe, D., Abdullah, R., Kunci, K., Berfikir Kritis, K., & Garam, H. (2020). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam. 8(2). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/

Hidayanti, R., & Alim Syahri, A. (2020). SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang (Vol. 12).

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.

Ihsan, & Yaqutunnafis, L. (2024). Pengaruh Model PjBL Terintegrasi STEM. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(Agustus), 720–728. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.25780

Isnaini, A. L. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan Di MAN 1 Tanggamus. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Isro, A. L., Anggraito, Y. U., & Bintari, S. H. (2021). Description of Students’ Critical Thinking Skills in Integrated PjBL STEM Learning Environmental Change Material. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 237–243. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Kasmi P, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Langitasari, I., & Rogayah, T. (2021). Problem Based Learning Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 15, Issue 2).

Liah, N., Maria, H. T., Oktavianty, E., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2024). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Hal. 12(3), 114. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.5926

Melinda Elin. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi. Universitas Lampung.

Nurjanah, & Purwantoyo, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Semnas Biologi, 11, 211–217.

Nuzalifa, Y. U., & Putri, S. A. (2021). Efektivitas handout kingdom protista berbasis siklus belajar 5e pada kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 137–144.

Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39.

Raini, Y. (2020). Pengaruh Media Laboratorium Virtual (PhET) Terhadap Kemampuan Praktikum Kimia Siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. 5(2), 77–85. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3373

Robbani, H. (2025). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79–85.

Sagala, Y. D. A., Simanjuntak, M. P., Bukit, N., & Motlan. (2020). Penerapan Project Based Learning Berbasis LKS terhadap Keterampian Berpikir Kritis Siswa. 8(2), 85–90.

Xu, E., Wang, W., & Wang, Q. (2023). The effectiveness of collaborative problem solving in promoting students’ critical thinking: A meta-analysis based on empirical literature. In Humanities and Social Sciences Communications (Vol. 10, Issue 1). Springer Nature. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01508-1




DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: [email protected]

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS