Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur Atom-Nanoteknologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fadhilah, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur Atom-Nanoteknologi. Jakarta.
Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi. Lintas Nalar.
Hamidah. (2021). Analisis Berpikir Ktitis Dan Hasil Belajar Pada Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Sel Volta SMK Negeri 2 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.
Hassan, P., Abdul Rauf Laliyo, L., Natalia Botutihe, D., Abdullah, R., Kunci, K., Berfikir Kritis, K., & Garam, H. (2020). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam. 8(2). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/
Hidayanti, R., & Alim Syahri, A. (2020). SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang (Vol. 12).
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.
Ihsan, & Yaqutunnafis, L. (2024). Pengaruh Model PjBL Terintegrasi STEM. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(Agustus), 720–728. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.25780
Isnaini, A. L. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan Di MAN 1 Tanggamus. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Isro, A. L., Anggraito, Y. U., & Bintari, S. H. (2021). Description of Students’ Critical Thinking Skills in Integrated PjBL STEM Learning Environmental Change Material. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 237–243. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Kasmi P, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
Langitasari, I., & Rogayah, T. (2021). Problem Based Learning Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 15, Issue 2).
Liah, N., Maria, H. T., Oktavianty, E., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2024). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Hal. 12(3), 114. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.5926
Melinda Elin. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi. Universitas Lampung.
Nurjanah, & Purwantoyo, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Semnas Biologi, 11, 211–217.
Nuzalifa, Y. U., & Putri, S. A. (2021). Efektivitas handout kingdom protista berbasis siklus belajar 5e pada kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 137–144.
Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39.
Raini, Y. (2020). Pengaruh Media Laboratorium Virtual (PhET) Terhadap Kemampuan Praktikum Kimia Siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. 5(2), 77–85. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3373
Robbani, H. (2025). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79–85.
Sagala, Y. D. A., Simanjuntak, M. P., Bukit, N., & Motlan. (2020). Penerapan Project Based Learning Berbasis LKS terhadap Keterampian Berpikir Kritis Siswa. 8(2), 85–90.
Xu, E., Wang, W., & Wang, Q. (2023). The effectiveness of collaborative problem solving in promoting students’ critical thinking: A meta-analysis based on empirical literature. In Humanities and Social Sciences Communications (Vol. 10, Issue 1). Springer Nature. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01508-1
DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() | Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() | E-mail: [email protected] |
![]() | +6285341773856 (Call/sms/wa) |
![]() | Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |