Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Topik Laju Reaksi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arohman, M., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem. 13(1), 90–92.
Amini. (2021). Diajukan, S., Fakultas, K., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Persyaratan, M., Gelar, M., Pendidikan, S., Pd, ( S, Nisa, J., & Nim, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid.
Awan, G., Aji, S., Jannah, N. R., Salsabila, D., & Andy, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 126–139.
Azizah, H., Sukarno, S., & Hartoyo, Z. (2023). Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Literasi Sains Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Physics And Science Education Journal (PSEJ), 3(April), 1–9. Https://Doi.Org/10.30631/Psej.V3i1.1705
Basit, D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar.
Diyanah, D., & Yusmaita, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Pada Topik Laju Reaksi Dengan Model Rasch. Journal Entalpi Pendidikan Kimia, 26–39. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=3270125&Val=28681&Title=Analysis Of SMA Pembangunan Laboratorium UNP Students Chemical Literacy Ability On Reaction Rate Topic By Using Rasch Model
Faridiba. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Literasi Based Learning ( Pbl ) Terhadap Literasi.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64–74. Https://Doi.Org/10.1119/1.18809
Harnanto, A., & Ruminten. (2009). Kimia 2 Untuk Sma/Ma Kelas Xi. In Departemen Pendidikan Nasional.
Inovasi, J., & Menengah, P. (2023). (3,26) > Z. 3(1), 76–88.
Ismawati, I., Leksono, I. P., & Harwanto, H. (2023). Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Penerapan Model PBL Dan PBL Terintegrasi RQA Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(3), 470. Https://Doi.Org/10.28926/Riset_Konseptual.V7i3.752
Kurniati, E., & Adelia, K. A. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains Siswa SMA. Magnetic: Research Journal Of Physics And It’s Application, 3(2), 254–258. Https://Doi.Org/10.59632/Magnetic.V3i2.387
Mccomas, W. F. (2014). Programme For International Student Assessment (PISA). The Language Of Science Education, 79–79. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Musa, W. J. ., Zainudin, F., Isa, I., Kilo, J. La, & Kilo, A. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Aspek Kompetensi Sains Siswa Pada Materi Global Warming. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 5(2), 142–149. Https://Doi.Org/10.34312/Jjec.V5i2.12705
Nisa, B. C., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar KAPRA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Kelas XI SMA / MA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 228. Https://Doi.Org/10.33394/Hjkk.V3i1.663
Nurhayati, N., Made Hermanto, I., Samatowa, L., & Gimnastiar, A. N. (2023). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. (Literature Review). 493–502.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). KAJIAN Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Journal Geej, 7(2), 195–207.
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., Jonathan, G. L., & Susanti, W. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(02), 576–581. Https://Ejournal.Tsb.Ac.Id/Index.Php/Jpm/Article/Download/1619/864/
Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Suryani, V. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X Sma/Ma Di Ngaliyan. 9, 356–363.
Syazali, M., Prima Putra, G., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Unram, F. (2023). Pengembangan Asesmen Literasi Sains Berbasis PISA Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(Desember), 240. Https://Doi.Org/10.37216/Badaa.V5i1.1213
Yusuf. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.Pdf
DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() | Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() | E-mail: [email protected] |
![]() | +6285341773856 (Call/sms/wa) |
![]() | Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |