Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Topik Laju Reaksi

Devinovita Wajipalu, Nita Suleman, Haris Munandar, Masrid Pikoli, Thayban Thayban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada topik laju reaksi di SMA Negeri 2 Gorontalo Utara. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi sains yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan literasi sains. Rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen meningkat dari 48,74% menjadi 88,03%, sementara kelas kontrol meningkat dari 49,94% menjadi 83,09%. Selain itu, peningkatan terjadi pada semua indikator literasi sains: menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. Temuan ini membuktikan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada topik laju reaksi.

Keywords


Problem Based Learning; kemampuan literasi sains; laju reaksi

References


Arohman, M., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem. 13(1), 90–92.

Amini. (2021). Diajukan, S., Fakultas, K., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Persyaratan, M., Gelar, M., Pendidikan, S., Pd, ( S, Nisa, J., & Nim, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid.

Awan, G., Aji, S., Jannah, N. R., Salsabila, D., & Andy, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 126–139.

Azizah, H., Sukarno, S., & Hartoyo, Z. (2023). Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Literasi Sains Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Physics And Science Education Journal (PSEJ), 3(April), 1–9. Https://Doi.Org/10.30631/Psej.V3i1.1705

Basit, D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar.

Diyanah, D., & Yusmaita, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Pada Topik Laju Reaksi Dengan Model Rasch. Journal Entalpi Pendidikan Kimia, 26–39. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=3270125&Val=28681&Title=Analysis Of SMA Pembangunan Laboratorium UNP Students Chemical Literacy Ability On Reaction Rate Topic By Using Rasch Model

Faridiba. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Literasi Based Learning ( Pbl ) Terhadap Literasi.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64–74. Https://Doi.Org/10.1119/1.18809

Harnanto, A., & Ruminten. (2009). Kimia 2 Untuk Sma/Ma Kelas Xi. In Departemen Pendidikan Nasional.

Inovasi, J., & Menengah, P. (2023). (3,26) > Z. 3(1), 76–88.

Ismawati, I., Leksono, I. P., & Harwanto, H. (2023). Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Penerapan Model PBL Dan PBL Terintegrasi RQA Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(3), 470. Https://Doi.Org/10.28926/Riset_Konseptual.V7i3.752

Kurniati, E., & Adelia, K. A. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains Siswa SMA. Magnetic: Research Journal Of Physics And It’s Application, 3(2), 254–258. Https://Doi.Org/10.59632/Magnetic.V3i2.387

Mccomas, W. F. (2014). Programme For International Student Assessment (PISA). The Language Of Science Education, 79–79. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Musa, W. J. ., Zainudin, F., Isa, I., Kilo, J. La, & Kilo, A. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Aspek Kompetensi Sains Siswa Pada Materi Global Warming. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 5(2), 142–149. Https://Doi.Org/10.34312/Jjec.V5i2.12705

Nisa, B. C., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar KAPRA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Kelas XI SMA / MA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 228. Https://Doi.Org/10.33394/Hjkk.V3i1.663

Nurhayati, N., Made Hermanto, I., Samatowa, L., & Gimnastiar, A. N. (2023). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. (Literature Review). 493–502.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). KAJIAN Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Journal Geej, 7(2), 195–207.

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., Jonathan, G. L., & Susanti, W. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(02), 576–581. Https://Ejournal.Tsb.Ac.Id/Index.Php/Jpm/Article/Download/1619/864/

Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Suryani, V. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X Sma/Ma Di Ngaliyan. 9, 356–363.

Syazali, M., Prima Putra, G., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Unram, F. (2023). Pengembangan Asesmen Literasi Sains Berbasis PISA Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(Desember), 240. Https://Doi.Org/10.37216/Badaa.V5i1.1213

Yusuf. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.Pdf




DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: [email protected]

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS