Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi

Sifa Nurul Aisyah, Mangara Sihaloho, Julhim S. Tanggio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabila dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai rata tala posttest kelas eksperimen sebesar 78,68 dan kelas kontrol sebesar 69,23. Uji normalized gain (N-Gain) juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi dan termasuk dalam kategori efektif.

References


Anggraini, P. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di Darussalam Kelas VII Kepahiang Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 4(3).

Arends, R. I. (2012). Belajar untuk mengajar (Edisi ke-9). New York: McGraw-Hill.

Haryono, H. E. (2019). Kimia Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: Apa dan bagaimana siswa belajar? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Justi, R. (2002). Teaching and learning chemical kinetics. In J. K. Gilbert et al. (Eds.), Chemical education: Towards research-based practice (pp. 293–315). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47977-X_15

Kolomuç, A., & Tekin, S. (2011). Chemistry Teachers’ Misconceptions Concerning Concept of Chemical Reaction Rate. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(2), 84–101. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i2.194

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Strategi pembelajaran berbasis karakter. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ozgecan, T. K., & Boz, Y. (2012). Cooperative learning instruction for conceptual change in the concepts of chemical kinetics. Chemistry Education Research and Practice, 13(3), 221–236. https://doi.org/10.1039/c1rp90072b

Petrucci, R. H., Harwood, W. S., & Herring, F. G. (2011). Kimia Dasar: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Modern (Edisi Kesembilan, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.

Ruslan, A. B. K., & Rahman, M. F. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi ChatGPT dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bantaeng. JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 02(04), 925–933. https://doi.org/3031-9498.

Sabora, S., Nurlaelah, E., & Suryadi, D. (2022). Efektivitas model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 134–142.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127.

Trianto. (2010). Model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni, S. (2020). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 21–33.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 283. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173




DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: [email protected]

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS