Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, P. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di Darussalam Kelas VII Kepahiang Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 4(3).
Arends, R. I. (2012). Belajar untuk mengajar (Edisi ke-9). New York: McGraw-Hill.
Haryono, H. E. (2019). Kimia Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: Apa dan bagaimana siswa belajar? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Justi, R. (2002). Teaching and learning chemical kinetics. In J. K. Gilbert et al. (Eds.), Chemical education: Towards research-based practice (pp. 293–315). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47977-X_15
Kolomuç, A., & Tekin, S. (2011). Chemistry Teachers’ Misconceptions Concerning Concept of Chemical Reaction Rate. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(2), 84–101. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i2.194
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Strategi pembelajaran berbasis karakter. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ozgecan, T. K., & Boz, Y. (2012). Cooperative learning instruction for conceptual change in the concepts of chemical kinetics. Chemistry Education Research and Practice, 13(3), 221–236. https://doi.org/10.1039/c1rp90072b
Petrucci, R. H., Harwood, W. S., & Herring, F. G. (2011). Kimia Dasar: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Modern (Edisi Kesembilan, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.
Ruslan, A. B. K., & Rahman, M. F. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi ChatGPT dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bantaeng. JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 02(04), 925–933. https://doi.org/3031-9498.
Sabora, S., Nurlaelah, E., & Suryadi, D. (2022). Efektivitas model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 134–142.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127.
Trianto. (2010). Model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyuni, S. (2020). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 21–33.
Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 283. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173
DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() | Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() | E-mail: [email protected] |
![]() | +6285341773856 (Call/sms/wa) |
![]() | Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |