Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Hukum Dasar Kimia

Pinangi Dea, Mangara Sihaloho, Erga Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPS (Conceptual Understanding Procedures) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi hukum dasar kimia. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 1 Suwawa yang terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 28 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model CUPS, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kedua kelas, namun peningkatan pada kelas eksperimen lebih signifikan. Uji Independent Samples t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelas (p = 0,001 < 0,05), yang berarti bahwa model pembelajaran CUPS memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Keywords


Kata kunci: Model Pembelajaran CUPS; HOTS; Hukum Dasar Kimia; Pembelajaran Kimia

References


Abosalem, Y. (2015). Assessment Techniques and HOTS. ICSIT Proceedings, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11

Agung, G. H., & Ardiansyah, A. S. (2023). CUPS Berbantuan e-LKPD. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 360–366.

Ali, F. S. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–17.

Anwar, D. N., Yusuf, Y., & Jaenudin, A. (2023). Penerapan Model CUPS untuk Kemampuan Komunikasi Matematis. Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 11–22.

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). Pembelajaran CUPS Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24–33.

Gita, A., Murnaka, N. P., & Sukmawati, K. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS). Journal of Medives, 2(1), 65. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.521

Gulikers, J., Bastiaens, T., & Kirschner, P. (2006). Authentic Assessment & Student Perception. Journal of Vocational Education and Training, 58(3), 337–357. https://doi.org/10.1080/13636820600955443

Muspawi, M., Suratno, S., & Ridwan, R. (2019). Peningkatan HOTS melalui Inkuiri. JIUBJ, 19(2), 208. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.653

Novikasari, I. (2017). Uji Validitas Instrumen HOTS. Seminar Nasional Riset Inovatif, 1(1), 530–535.

Nugroho, I., Wilujeng, I., & Pujaningsih, P. (2024). HOTS & Science Process Skills. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-273-6_20

Nurfaqihah, R. R., Fatimah, A. T., & Effendi, A. (2023). Model CUPS untuk Pemahaman Konsep Matematis. J-KIP, 4(2), 476. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9016

Pancawani, A.-, Sodiq, A., & Negara, H. S. (2023). Model CUPS dalam Pembelajaran Matematika SD. Terampil: Jurnal Pendidikan, 10(2), 246. https://doi.org/10.24042/terampil.v10i2.19249

PRAYITNO, A., & Nofiana, M. (2021). Instrumen Evaluasi HOTS Materi Biologi. Bioed, 8(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5959

Pratiwi, Soedjoko, & Mulyono. (2014). CUPS dan Koneksi Matematika. Kreano, 5(1), 41–47.

Putri, D. A. (2019). Pengaruh Model CUPS berbantuan Modul Desain Didaktis. (Tidak ada info jurnal)

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al

Biruni, 5(2), 233–244. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Sururuddin, M. (2015). Pengembangan Model CUPS di SD. Jurnal EducatiO, 10(1), 118–130. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/93/72

Tosun, C., & Senocak, E. (2013). PBL terhadap Kesadaran Metakognitif dan Sikap terhadap Kimia. Australian Journal of Teacher Education, 38(3), 61–73.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. (Tidak ada info jurnal)

Yulianti, E., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2020). CUPS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 9–17.

Vocational Education and Training, 58(3), 337–357. https://doi.org/10.1080/13636820600955443




DOI: https://doi.org/10.37905/je.v20i1.32614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: [email protected]

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS