HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMAN 10 KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, M. J. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 1(2), 100–112. http://ejournal.undar.ac.id/index.php/thalaba/article/view/428/321
Apriani, S., Nisa, K., & Husniati, H. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 72–77. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1403
Arif, A., & Saputra, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 20–28. https://doi.org/10.31764/geography.v7i2.1431
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 49–58. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Endang, E., Eraku, S. S., & Lihawa, F. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Team Games Tournament Diintegrasikan dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 1(2), 66–70. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7119
Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 104–116. https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.708
Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.948
Jemudin, F. DE, Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 6 LANGKE REMBONG. Journal of Honai Math, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.53
Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879
Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425
Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis Hubungan Perhatian orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 65–70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1384
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53–63. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5642
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127
Marbun, Y. M. R. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.36294/jmp.v5i2.1883
Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2549/1806
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation, New York. Cambridge University Press.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Parlindungan, D. P., Al Ghani, M., & Nurhaliza, S. (2020). Peranan guru dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (pjj) dimasa pandemi covid-19 di sds islam an-nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8795
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12
Rini, E. S. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2), 1131–1149. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1656
Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarok, I. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21799
Romandhon, I. M. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), 37064. https://www.neliti.com/publications/37064/hubungan-antara-motivasi-belajar-dengan-prestasi-mata-pelajaran-ekonomi
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428/245
Sabeuleleu, A. (2016). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Prestasi Belajar. S1 Thesis [Universitas Negeri Yogyakarta]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://core.ac.uk/download/pdf/78034049.pdf
Santiarini, R. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 9(2), 109–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/41555/17650
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant, 9(1), 41–52. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191
Setiani, F., Jayadi, J., & Setyaningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 48–55. https://doi.org/10.46822/paedagogie.v7i1.126
Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%25p
Surahmi, S., Lihawa, F., & Yusuf, D. (2021). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Litosfer di SMA Negeri 1 Kabila Bone Bolango. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11548
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket c. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318
Tuan, H., Chin, C., & Shieh, S. (2005). The development of a questionnaire to measure students’ motivation towards science learning. International Journal of Science Education, 27(6), 639–654. https://doi.org/10.1080/0950069042000323737
Umboh, E. R., Kepel, B., & Hamel, R. S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran universitas sam ratulangi manado. Jurnal Keperawatan, 5(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/15824/15333
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1). https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/91
Watson, R. I., & Lindgren, H. C. (1979). Psychology of the Child and the Adolescent. Macmillan.
Yuriatson, Y., & Asmi, A. S. (2020). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 971–975. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.449
DOI: https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.