PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) SEPEDA MOTOR PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR

Gusti Made Surya Adi Candra, Hendra Uloli, Fentje Abdul Rauf

Abstract


I Gusti Made Surya Adi Candra 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Pada Mata Kuliah Teknologi Sepeda Motor. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hendra Uloli, ST.,MT. Pembimbing II Ir. Fentje Abdul Rauf, MT.

Mengembangkan Alat Peraga Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Pada Mata Kuliah Teknologi Sepeda Motor, Penelitian dan pengembangan  media alat peraga ini tidak menerapkan semua langkah-langkah penelitian R & D dari  Borg and Gall, dalam penelitian ini hanya menerapkan beberapa langkah  mengingat  tujuan peneliti  sampai  di pengembangan  produk dan memvalidkan produk.  Pengembangan  Alat Peraga Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Teknologi Sepeda Motor ini sangat layak digunakan, dengan nilai persentase dari validator ahli media sebesar 98,67% dan nilai persentase dari validator ahli materi sebesar 90,67% artinya materi Alat Peraga Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Alat Peraga, Transmisi Otomatis/ CVT Sepeda Motor

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. (2020). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Jl. Mojopahit No. 666 B Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Annisah, S., Jurai, S., & Metro, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, Vol. 11, No. 1 (Vol. 11).

Arikunto. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Kws. Kelapa Gading Blok AJ No. 23/24, Kota Serang Baru (KSB), Serang 42122: Laksita Indonesia.

Edgar Dale, 1946. Audio-Visual Methods in Teaching. NY: Dryden Press.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jl. Mojopahit No 666B, Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, JawaTimur.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Syari’ah, dan Tarbiyah, Vol. 03, No. 01.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sutantra, N. (2018). Experimental Study And Analysis Of Effect Of Base Oil Lubrication Of SAE 10W30 To Viscosity, Temperature And Vehicle Performance Transmission Vario 125 PGM-FI.

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Volume 14, Nomor 4: 709-722. ISSN (P): 1829-7463 ISSN (E) : 2716-3083.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.14807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Engineering Education