PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PANDUAN APLIKASI CNC SIMULATOR FOR ANDROID TERHADP KEMAMPUAN PEMBUATAN PROGRAM CNC PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

M. Milki, Nopriyanti Nopriyanti

Abstract


Mata kuliah praktik CNC Salah satu MK yang wajib dikuasai oleh mahasiswa Program Studi Pendidkan Teknik Mesin FKIP UNSRI. Faktor rendahnya hasil belajar mahasiswa dikarenakan kesulitan dalam mengimajiasikan pergerakan pahat bubut dan berdampak dalam pembuatan program CNC. selain itu keterbatasan fasilitas mesin CNC dan sumber belajar yang mendukung dan bisa dipelajari mahasiswa secara mandiri. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku panduan Aplikasi CNC Simulator For Android terhadap kemampuan pembuatan Program CNC. Metode penelitian yang digunakan Quasy experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan CNC Simulator For Android dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar pembuatan program CNC, dimana nilai Asymp.Sig. yang didapat setelah Uji Idenpendent T-test telah memenuhi syarat ditolaknya H0 (Hipotesis Nol) atau diterimanya HA (Hipotesis Alternatif). Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel = (-12,824 > 2,005), dan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05).


Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2021). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis IT. (M. P. Andriyanto, S.S., Ed.). LP2M IAIN Palangka Raya Press.

Fathurrohmi, U. (2019). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Fungi untuk Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X di SMAN 11 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–77.

Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature.

Oknisih, N., Wahyuningsih, Y., & Suryoto. (2019). Penggunaan Aplen (aplikasi online ) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Silalahi, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran (ke-1; J. Simarmata, ed.). yayasan kita menulis.

Sugiyono, A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Trim. (2018). Definisi Buku Panduan, 34–35.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–50.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v2i2.20221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jambura Journal of Engineering Education