PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL TIPE IN-LINE

Monica Pratiwi, Nur Mutmainnah, Wahyu Saputra

Abstract


Abstrak

 

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pendidik, peserta didik, metode pembelajaran yang digunakan serta sarana dan prasarana pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana alat bantu yang digunakan dalam proses belajar  mengajar. Terbatasnya media pembelajaran yang ada tentunya dapat mempengaruhi keefektivan proses pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan Media Pembelajaran Trainer Sistem Bahan Bakar Diesel Tipe In-Line pada mata kuliah Teknologi Motor Diesel. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development, Prosedur penelitian ini diawali dari (1) mengidentifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) pembuatan produk, (7) validasi produk, (8) revisi produk dan produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner untuk validasi produk oleh validator ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran Trainer Sistem Bahan Bakar Diesel Tipe In-Line Pada Mata kuliah Teknologi Motor Diesel yang telah dikembangkan dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 97.33% kategori sangat layak, dan oleh ahli media adalah 94.67% dengan kategori sangat layak. Persentase rata-rata dari kedua validator 96%.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem Bahan Bakar Diesel, Tipe In-line

 

Abstract

The success of a learning process can be influenced by several factors, including educators, students, the learning methods used and learning facilities and infrastructure. Learning media is a tool used in the teaching and learning process. The limited existing learning media can certainly affect the effectiveness of the learning process and have an impact on student learning outcomes. The aim of this research is to develop and test the feasibility of In-Line Type Diesel Fuel System Trainer Learning Media in the Diesel Motor Technology course. The research method used is Research & Development. This research procedure begins with (1) identifying potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) manufacturing product, (7) product validation, (8) product revision and final product. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews and questionnaires for product validation by material expert validators and media experts. This research produced a learning media product, In-Line Type Diesel Fuel System Trainer in the Diesel Motor Technology Course, which has been developed with a feasibility percentage by material experts of 97.33% in the very feasible category, and by media experts it is 94.67% in the very feasible category. The average percentage of the two validators is 96%.

 

Keyword: Learning Media, Diesel Fuel System, In-line Type


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran Depok: Rajawali Pers.

Khairul, Dkk. 2019. “Pengembangan Media Pembelajran Fliip Book pada Mata Kuliah Teknik Sepeda Motor di Pendidikan Teknik Mesin Fkip Universitas Sriwijaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 6(3):52–67.

Majidah, Khairani. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Makro Media Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX.” Jurnal Ipteks Terapan d(5):95–102.

Muhammad Yasser, Arafat. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Training Within Industry ( Twi ).” Jurnal Ilmu Pendidikan 8(9):309–459.

Mustamin. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Transmisi Manual Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga. [Skripsi]. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Sunardi. 2019. “Pengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran Stem-Project Based Learning.” Seminar Nasional Teknologi (7):210–17.

Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep, strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan




DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.24679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Monica Pratiwi