PENGARUH PROGRAM PROMOSI KESEHATAN COVID-19 TERHADAP MINAT PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONUSEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Fajrin Subhan Citalaksana, Rd Nurafni Rubiyanti

Abstract


Pandemi Covid-19 melumpuhkan industri restoran Indonesia dan membuat penurunan yang signifikan pada kepercayaan konsumen yang berimbas pada menurunnya minat pembelian untuk dine-in di restoran. Untuk bertahan di situasi sulit ini, manajemen restoran harus adaptasi secara cepat dan membuat strategi baru dalam mengembalikan kepercayaan konsumen dan menumbuhkan minat pembelian konsumen untuk dine-in di restoran. Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis dan memahami seberapa besar pengaruh promosi kesehatan serta kepercayaan konsumen terhadap minat pembelian di Suis Butcher Cab. Riau baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif deskriptif kausal dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS) dibantu dengan software SmartPLS 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sebanyak 200 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi kesehatan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan konsumen sebesar 41%. 59% lainnya dipengaruhi faktor lain yang tidak ikut diteliti pada penelitian ini. Kemudian promosi kesehatan dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara simultan yang langsung mempengaruhi minat pembelian adalah 29.60%. sisanya 70.40% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Covid-19;restoran;promosi kesehatan;kepercayaan konsumen;minat pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Andi.

Dahiya, K., & Potia, A. (2020). Generous: COVID-19 ’ s Impact on Indonesian Consumer Sentiment. McKinsey and Company, April.

Dedeoğlu, B. B., & Boğan, E. (2021). The motivations of visiting upscale restaurants during the COVID-19 pandemic: The role of risk perception and trust in government. International Journal of Hospitality Management, 95(June 2020). https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102905

Dunford, D., Dale, B., Stylianou, N., Lowther, E., Ahmed, M., & De la Torres Arenas, I. (2021). Coronavirus: The World in Lockdown in Maps and Charts. https://www.bbc.com/news/world-52103747

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS), Dilengkapi Software Smartpls 3.0, Xlstat 2014 WarpPLS 4.0 (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, M. P., Zanetta, L. D. A., & da Cunha, D. T. (2021). Should I stay, or should I go? Consumers’ perceived risk and intention to visit restaurants during the COVID-19 pandemic in Brazil. Food Research International, 141(December 2020), 110152. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2021.110152

Idris, A. W. (2018). Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Di Situs Bukalapak (Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Ofmanagement, 7(2), 1–6.

Irawan, A. (2020). Challenges and Opportunities for Small and Medium Enterprises in Eastern Indonesia in Facing the COVID-19 Pandemic and the New Normal Era. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2), 79. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i2.2020.79-89

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2020). Siaran Pers: Penerapan CHSE di Hotel dan Restoran Tingkatkan Kepercayaan Wisatawan. https://www.kemenparekraf.go.id/post/siaran-pers-penerapan-chse-di-hotel-dan-restoran-tingkatkan-kepercayaan-wisatawan

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Markerting Management (15th ed.). Pearson Education Inc.

Kotler, P., & Lane, K. (2012). Marketing Management. PrenticeHall.

Nurmala, I. (2020). Promosi Kesehatan. Airlangga university Press.

Rosanti, Y., Irawan, I., & Putra, M. D. T. (2021). Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS) dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Kawasan ldots. Prosiding Konferensi Nasional ldots, 1177, 1–12.

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2).

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Andi Offset.

Wright, O., & Blackburn, E. (2020). How COVID-19 will permanently change consumer behavior. Accenture, April, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.11674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fajrin Subhan Citalaksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.