PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Mas'ati as, Muh Yunus, Hastuti Hastuti, Elpisah Elpisah

Abstract


PPenelitian ini bertujuan mengatahui pengaruh pembelajaran klasikal dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Balang Lompo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa berjumlah 204 orang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling maka sampel penelitian yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 33 orang dan kelas V sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angkat dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran klasikal dan motivasi secara simultan terhadap prestasi belajar siswa, dimana kontribusi pengaruh  simultan  sebesar  17,6 %, sedangkan sisanya sebesar 82,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran klasikal berpengruh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Balang Lompo


Keywords


Pembelajaran Klasikal, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arthana, I. K. R. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL REALITY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 298–307.

Cahyani, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 3(01), 123–140.

Musaropah, U. (2021). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA PELAJARAN TAHFIDZ QURAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL QUR’AN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 49–58.

Putra, A. (2021). Hubungan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN:, 2(3), 217–221.

Syaparuddin. (2021). I PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. MAHAGURU : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 30–35.

Wulansari, N. H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 73–81.

Abdullah, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar materi IPS melalui model pembelajaran direct instruction dengan pendekatan scientific. Ekpend jurnal ekonomi dan pendidikan volume 1 (2).

Asf, J & Syaiful, M. (2013). Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: ArRuzz Media.

Cruickshank, D.R, dkk. (2014). Perilaku mengajar, Edisi 6. Terjemahan: Gisella Tani Pratiwi. Jakarta: Salemba Humanika.

Feng, dkk (2013). The relationship of learning motivation and achievement inEFL: Gender as an intermediated variable. Educational Research International.

Kamaluddin. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmate matika/files/full/M-67.pdf. Akses tanggal 20 Juni 2020.

Hidayah. M.N. (2017). Bimbingan Klasikal Tentang Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 pontianak. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 1, Juni 2017. Akses 26 Juni 2020.

Majid, A & Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A.R.A. (2016). Pengaruh Bimbingan kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Prestasi Belajar Afektif siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pekalongan. Jurnal bimbingan dan konseling ISSN 2406-8691 volume 3 (2), oktober. Akses 25 Juni 2020.

Syafriani, D. (2012). Sistem Pembelajaran yang Optimal Untuk Menumbuhkan Perilaku Demokratis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watini. (2020). Pengaruh Pembelajaran Klasikal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar dalam Bidang Studi IPS Siswa Kelas IX di SMPN 2 Air Joman. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index. php/jurnal fasosa/article/view/2512/2309.Tesis:UniversitasPembangunan Panca Budi Medan.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i2.12087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mas'ati as

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.