PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA ONLINE SHOP

Mitron Bayu Ismawan, Heni Purwa Pamungkas

Abstract


Perkembangan global mendorong transformasi kegiatan ekonomi ke dunia digital. Hal itu menjadikan banyak tersedianya bahan literatur ekonomi berbasis digital dan pesatnya laju media sosial menciptakan aktivitas jual beli masyarakat beralih ke online shop. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media sosial dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dan melibatkan 368 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNESA sebagai responden. Penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel media sosial (X1) tidak berpengaruh terhadap varibael perilaku konsumtif (Y), namun untuk variabel literasi ekonomi (X2) mempengaruhi variabel perilaku konsumtif  (Y). Kemudian variabel media sosial (X1) dan literasi ekonomi (X2) mempengaruhi secara simultan dan bersama-sama pada variabel perilaku konsumtif (Y), dan nilai R Square menunjukkan bahwa pengaruh secara bersamaan X1 dan X2 sebesar 10,5% terhadap variabel Y. Dari hasil penelitian ini memberikan referensi untuk dapat memanajerial kegiatan ekonomi di era digital dan media sosial memberikan ruang lebih untuk meningkatkan literasi ekonomi.


Keywords


Media Sosial, Literasi Ekonomi, Konsumtif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mitron Bayu Ismawan, Heni Purwa Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.