Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Husain Tonaiyo, Rosman Ilato, Rusli Isa

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-2 Di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan menggunakan metode resitasi. Adapun langkah- langkah metode reistasi terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, dan (4) analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari observasi awal dengan jumlah 25 siswa. Siswa yang memperoleh nilai ketuntasan berjumlah 7 orang atau 28%, kemudian meningkat pada siklus 1 sebanyak 16 0rang siswa atau 64%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 22 0rang siswa atau 88%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Resitasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal



 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.