PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

hardiyanti ridwan, ardiansyah ardiansyah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserat didik pada mata pelajaran ekonomi melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sinjai yang berjumlah 34 orang peserta didik dari 12 laki-laki dan 22 perempuan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share bagi peserta didik kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sinjai. Hal ini dapat dinyatakan berdasarkan peroleh nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.


Keywords


Think Pair Share, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Penerapan Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Kencana: Jakarta.

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102(March 2019), 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Greiff, S., Wüstenberg, S., Csapó, B., Demetriou, A., Hautamäki, J., Graesser, A. C., & Martin, R. (2014). Domain-general problem solving skills and education in the 21st century. Educational Research Review, 13, 74–83. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2014.10.002

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah Civis, 2(2), 1–11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/viewFile/459/413

MacFarlane, A., Abbott, G., Crawford, D., & Ball, K. (2010). Personal, social and environmental correlates of healthy weight status amongst mothers from socioeconomically disadvantaged neighborhoods: Findings from the READI study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 7, 1–9. https://doi.org/10.1186/1479-5868-7-23

Molderez, I., & Fonseca, E. (2018). The efficacy of real-world experiences and service learning for fostering competences for sustainable development in higher education. Journal of Cleaner Production, 172, 4397–4410. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.04.062

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1093/brain/awt103

Yeh, C., Ellis, M., & Mahmood, D. (2020). From the margin to the center: A framework for rehumanizing mathematics education for students with dis/abilities. Journal of Mathematical Behavior, 58(January), 100758.https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100758




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Economic Education Journal



 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.