PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII 2 di MTs N 1 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menjelaskan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif memiliki makna bahwa keterampilan menjelaskan guru yang semakin inovatif dan kreatif yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran maka akan mendorong kemampuan siswa untuk memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Adapun variabilitas hasil belajar siswa Mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh keterampilan menjelaskan guru sebesar 37,80, sedangkan sisanya sebesar 62,20 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti minat belajar siswa, model pembelajaran yang diterapkan, motivasi orang tua, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
agustina, p., & saputra, a. (2017). profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah microteaching. jurnal bioedukatika, 5(1), 18. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5670
am, z. (2018). teknik penilaian hasil pembelajaran. rausyan fikr : jurnal pemikiran dan pencerahan, 14(02), 53–62. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901
astiar, f. a., satiangingsih, r., & yustitia, v. (2020). primary : jurnal pendidikan guru sekolah dasar volume 9 nomor 5 oktober 2020 students ’ speaking skills through project based learning at keterampilan berbicara siswa sekolah dasar melalui primary : jurnal pendidikan guru sekolah dasar volume 9 nomor 5 oktober 2020. 9(october), 672–679.
ayu yarmayani, d. a. (2018). analisis faktor lingkungan belajar yang mempengaruhi hasil belajar siswa. 1.
bastian, b. (2019). analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar. jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran), 3(6), 1357. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899
habibi, a. a., & firmansyah, r. a. (2019). analisis keterampilan dasar mengajar guru kimia yang mengkuti mgmp mipa. journal of educational chemistry (jec), 1(1), 9. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3743
nurhayati, e. (2019). penerapan buku saku dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pasca gempa bumi erlis. 5(2), 94–99.
renggana, k., negeri, s. m. p., & barat, j. i. (2020). invesitigasi pengaruh disiplin kerja guru dan motivasi sekolah menengah pertama negeri. 3(1), 19–28.
rezania, v., nuroh, e. z., & mariyati, l. i. (2020). apprenticeship sebagai bagian dari cognitive internship capabilities as part of basic teaching skills for elementary school. pendagodia: jurnal pendidikan, 9(1), 43–52.
tamansiswa, u. s. (2018). relationship between learning attitude and vocational learning motivation with learning. 6, 92–97.
DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abd Marwandi Gumohung, Usman Moonti, Agil Bahsoan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Economic Education Journal has been indexed:
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia