ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA KOPRA

nurwahida nurwahida, Marhawati Marhawati, Mustar Mustar, Rahmatullah Rahmatullah, Nurdiana Nurdiana

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usahatani kopra dan besarnya R/C rasio kopra per satu kali produksi di Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar. Responden dalam Penelitian ini sebanyak 24 orang. Penarikan sampel menggunakan simple Random Sampling dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis pendapatan, R/C rasio, dan analisis Break Even Point (BEP). Hasil penelitian menunjukkan: pendapatan rata-rata usahatani kopra di Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar dalam satu kali produksi sebesar Rp. 1.036.333, R/C rasio yang diperoleh yaitu sebesar 1,3, BEP terjadi pada tingkat produksi 24 Kg dan harga Rp. 135.000 yang berarti petani tersebut mengalami keuntungan. Dengan demikian maka Usahatani kopra yang dilakukan oleh petani di Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar layak untuk diusahakan oleh para petani.

Keywords


Analisis Usaha tani Kopra, Pendapatan, Break Even Point

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A.N. (2005). Virgin Coconut Oil. Minyak Penakluk Aneka Penyakit. Penerbit Agro Media Pustaka. Jakarta.

Ditjenbun. (2018). “Statistik Perkebunan Indonesia: Kelapa (Coconut).”

Layla, Nur. (2019). “Karakteristik dan Pengaruh Faktor-faktor Produksi Terhadap Volume Hasil Produksi pada Industri Pengolahan Hasil Perkebunan di Kabupaten Kepulauan Selayar”. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689-99.

Marhawati, (2019). Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahatani Jeruk Pamelo Di Kabupaten Pangkep, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 2 Nomor 2 Hal. 39-44.

Negosino. (2013). Reinventing Agribisnis Perkelapaan Nasional Ditjen Bina Produksi. Jakarta: Erlangga.

Paddilah, Sifa. (2018). “Analisis Break Even Point Sebagai Perencanaan Laba Pada Home Industri Kain Kasur Palembang Di Desa Kadu Kabupaten Tanggerang.” (C):1–12.

Pangadaheng, Yanti. (2012). Analisis Pendapatan Petani Kelapa di Kecamatan Saliabu Kabupaten Talaud, Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Prasetyo, Wahyudi. (2010). “Analisis Break Even Point ( BEP ) Pada Industri Pengolahan Tebu Di Pabrik Gula ( PG ) :” 1–99.

Satra Nugraha, Iman and Aprizal Alamsyah. (2019). “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Karet Di Desa Sako Suban, Kecamatan Batang Hari Leko, Sumatera Selatan.” Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia 24(2):93–100.

Selayar, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepulauan. (2017). “Statistik Pertanian Non Tanaman Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar 2017.”

Selayar, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepuluan. (2019). “Kabupaten Kepulauan Selayar Dalam Angka.”

Setiawan, Satrio Adi. (2010). “Pengaruh Umur, Pendidikan, Pendapatan, Pengalaman Kerja Dan Jenis Kelamin Terhadap Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik Di Kota Magelang.” Universitas Diponegoro 1–102.

Soundakh, Joula (ed.) dkk (2015). Analisis Daya Saing Komoditas Kopra di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara16(2). 173-181

Uswa. (2017). “Pengaruh Pendapatan Masyarakat Petani Padi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UINAM Makassar.

Wulandari, Siti Abir. (2019). “Konstribusi Pendapatan Usaha Kopra Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.” Jurnal Media Agribisnis 53(9):1689–99.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 nurwahida nurwahida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.