Kandungan Bakteri (Escherichia coli) Protein Dan Total Asam Laktat Pada Pembuatan Fermentasi Rusip Ikan Teri (Stolephorus sp.)

Kurniawan Kurniawan, Susilowati Syila

Abstract


Rusip merupakan produk olahan ikan yang terbuat dari ikan teri melalui proses fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh waktu fermentasi terhadap kandungan bakteri eschericia coli, protein dan total asam laktat pada rusip. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental. Data yang diambil yaitu data primer dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji kadar protein dan total asam laktat pada rusip selama fermentasi 7 hari, 14 hari dan 21 hari, menunjukkan bahwa lama waktu fermentasi memberi pengaruh signifikan terhadap kandungan protein dan total asam laktat pada rusip ikan teri Stolephorus sp.), dan hasil uji total bakteri Eschericia coli didapatkan hasil <3,0% yang mana menunjukkan bahwa rusip ikan teri aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.


Keywords


Escherichia coli; Fermentasi; Kadar protein; Rusip; Total asam laktat

Full Text:

PDF

References


Adawyah, R. (2011). Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Afrianto, E., & Liviawaty, G. (1991). Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta: Kanisius.

Anwar, M. S., Al-Baarri, A. N., & Legowo, A. M. (2012). Volume Gas, Ph Dan Kadar Alkohol Pada Proses Produksi Bioetanol Dari Acid Whey Yang Difermentasi Oleh Saccharomyches Cerevisiae.Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 1(4), 133-136.

Aristya, A. L., Legowo, A. M., & Baarri, A. N. (2013). Total Asam, Total Yeast, Dan Profil Protein Kefir Susu Kambing Dengan Penambahan Jenis Dan Konsentrasi Gula Yang Berbeda. Jurnal Pangan Dan Gizi, 38(1), 3-8.

Azizah, N., Al-Baarri, A. N., & Mulyani, S. (2012). Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Kadar Alkohol, pH, Dan Produksi Gas Pada Proses Fermentasi Bioetanol Dari Whey Dengan Substitusi Dari Kulit Nanas. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 19(1), 13-18.

Bertoldi, F.C., Santanna, F.S., & Eeirao, L.H. (2002). Reducing The Bitterness of Tuna (Euthyrnus pelamis) Dark Meat with Lactobacillus Casei Subsp. Casei ATCC 392. Journal Food Technology Biotechnol, 42 (1), 41-45.

Cardinal, M., Cornet, J., Serot, T., & Baron, R. (2006). Effects of the Smoking Process On Odour Characteristics Of Smoked Herring (Clupea harengus) And Relationships With Phenolic Compound Content. Food Chem, 96:137-146.

Desniar, Poernomo, J., & Wijatur, W. (2009). Pengaruh Konsentrasi Garam Pada Peda Ikan Kembung (Rastrelliger sp.) Dengan Fermentasi Spontan. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 19(1), 13-18.

Ginting, P. 2002. Mempelajari Proses Pembuatan Kecap Udang Putih (Penaeus merguiensis) Secara Fermentasi Mikrobiologis. [Skripsi]. Bogor: Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Irianto, H. E. (2012). Produk Fermentasi Ikan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Lestari, M. W., Bintoro,V. P., & Rizqiati, H. (2018). Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Tingkat Keasaman, Viskositas, Kadar Alkohol, Dan Mutu Hedonik Kefir Air Kelapa. Jurnal Teknologi Pangan, 2 (1), 8-13.

Mackie, I.M., Hardy, R., & Hoobs, G. (1971). Fermented Fish Product. FAO Fisheries Reports. 100:32 p. FIIP/R100 (En). Roma: FAO United Nation.

Mozzi, F., Raya, R. R., & Fignolo, G. M., (2010). Biotecnology of Lactic Acid Bacteria: Novel Application. Wiley Blackwell Publishing, USA.




DOI: https://doi.org/10.37905/jfpj.v3i2.10563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Susilowati Syila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.