Analisis Rendemen Dan Skrining Fitokimia Ekstrak Rumput Laut Merah (Eucheuma spinosium) Segar Dan Kering

Julfikri Yainahu, Lukman Mile, Sutianto Pratama Suherman

Abstract


Beberapa jenis rumput laut merupakan sumber potensial pangan fungsional yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan karena mengandung senyawa senyawa metabolik sekunder. Salah satunya adalah rumput laut merah (Eucheuma spinosum). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rendemen dan kandungan fitokimia ekstrak rumput laut merah (Eucheuma spinosum) dalam bentuk segar dan kering. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah metode deskriptif. Untuk mendapatkan ekstrak menggunakan metode maserasi dengan pelarut metanol. Hasil ekstrak rumput laut merah (Eucheuma spinosum) diperoleh dari selisih berat awal 500 gr rumput laut. Mendapatkan hasil masing-masing yaitu ekstrak segar₌79,16 gr, ekstrak kering₌88,59 gr. Setelah mendapatkan berat awal dan berat akhir setelah penguapan, berat rendemen ekstrak segar₌15,83%, ekstrak kering₌17,71%. Hasil pengujian skrining fitokimia ekstrak segar dan kering sama-sama mengandung golongan senyawa flavonoid, alkaloid, terpenoid, saponin dan tannin sedangkan pada golongan senyawa steroid sama-sama memberikan hasil negatif.


Keywords


Pangan fungsional; metanol; flavonoid; steroid

Full Text:

PDF

References


Agustina, Widiastuti, Setyowati E, Retno S, Ariani D, & Rahmawati C P. Seminar Nasional, Kimia Dan, and Pendidikan Kimia. 2014. Skrining Fitokimia Dan Identifikasi Komponen Utama Ekstrak Metanol Kulit Durian ( Durio Zibethinus Murr .) Varietas Petruk.” 271–80.

Harborne, J. B. 1987. Metode Fitokimia Penuntun Cara Modern Menganalisa Tumbuhan. Edisi Kedua. edited by D. oleh: K. P. dan I. Soediro. Bandung: Penerbit ITB.

Ismail, A. 2018. Analisis Kadar Tanin Pada Daun Lamun Enhalus Acoroides Dari Perairan Desa Bajo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. [Skripsi]. Gorontalo. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo.

Lantah, puji l., lita a. D. Y. Montolalu, & Albert r. Reo. 2017. Kandungan Fitokimia Dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Rumput Laut Kappaphycus Alvarezii. 5(3):73–79.

Podungge A, Lena J. Damongilala, & Hanny W. Mewengkang. 2018. Kandungan Antioksidan Pada Rumput Laut Eucheuma Spinosum Yang Diekstrak Dengan Metanol Dan Etanol. 6(1):1–5.

Pramitasari D. 2010. Penambahan Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale Rosc) Dalam Pembuatan Susu Kedelai Bubuk Instan Dengan Metode Spray Drying: Komposisi Kimia, Sifat Sensoris Dan Aktivitas Antioksidan. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ri, Depkes. 1989. Materia Medika Indonesia. Jilid v. Jakarta: Direktorat jensdral pengawetan obat dan makanan. hal 194-197.




DOI: https://doi.org/10.37905/jfpj.v5i2.15939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) julfikri yainahu yainahu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.