RUMAH SAKIT PENDIDIKAN GORONTALO KELAS B

Ruslan Ahmad, Moh Faisal Dunggio, Muh Rizal Mahanggi

Abstract


Perancanangan rumah sakit pendidikan gorontalo menjadi pertimbangan karena pendidikan kedokteran yang telah dibuka di Universitas Negeri Gorontalo tahun ini. Salah satu persyaratan Pendidikan Kedokteran adalah tersedianya rumah sakit utama pendidikan kedokteran dalam jaringan lahan praktek yang kelayakannya dinilai oleh pakar pendidikan kedokteran sesuai dengan kriteria yang  telah ditetapkan dalam paduan pendidikan kedokteran (Dirjen Dikti, 2002). Pada tahun 2006, Konsil Kedokteran Indonesia telah mengesahkan standar pendidikan profesi Dokter dan Standar Pendidikan profesi dokter spesialis serta standar kompetesni dokter, dalam standar tersebut juga juga dikatakan bahwa institusi pendidikan kedokteran harus menjamin tersedianya fasilitas pendidikan klinik bagi mahasiswa yang terdiri dari rumah sakit pendidikan dan sarana kesehatan lain yang diperlukan. Untuk itu, pendidikan kedokteran Universitas Negeri Gorontalo menyediakan fasilitas yang bisa mewadahi mahasiswa kedokteran untuk pelatihan medis untuk profesional kesehatan masa depan dan sebagai sarana penunjang prodi kshususnya, fakultas kedokteran sehingga bisa menarik minat calon-calon dokter dari dalam Gorontalo maupun luar provinsi Gorontalo sehingga prodi kedokteran bisa menjadi prodi yang banyak diminati di Universistas Negeri Gorontalo.

Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana merancang Rumah Sakit Pendidikan Gorontalo Kelas B sebagai fasilitas penunjang pendidikan dan  pelatihan medis bagi mahasiswa kedokteran agar menjadi dokter professional di masa depan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan suatu rancangan Rumah Sakit Pendidikan Gorontalo Kelas B sebagai fasilitas penunjang pendidikan, kesehatan dan pelatihan medis. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan melakukan studi lapangan, studi literatur, studi banding objek sejenis dan studi kasus dengan melihat standar fasilitas rumah sakit di Gorontalo. Kemudian mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Dari hasil identifikasi kemudian dianalisis dan menghasilkan konsep perancangan dengan tema Green Arsitketur yang lebih ditekankan pada bentuk, ruang dan fungsi. Hasil laporan berupa konsep perancangan dan penerapannya pada rancangan sebagai pedoman untuk melanjutkan perancangan Rumah Sakit Pendidikan Gorontalo Kelas B.

 

Kata kunci:Rumah Sakit Pendidikan, Green Arsitektur


Keywords


Rumah Sakit Pendidikan; Green Arsitektur

Full Text:

PDF

References


Achmad, Scholichin. (2017). Rumah Sakit Pendidikan Site Karawaci Tangerang di

Tangerang. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana, 5, 245–

Ruhendra. (2017). Perancangan Rumah Sakit Pendidikan Jatisampurna Bekasi..

Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana, 6, 255–267.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i1.12783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ruslan Ahmad, Moh Faisal Dunggio, Muh Rizal Mahanggi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.