PERANCANGAN PELABUHAN PENDARATAN IKAN DI KOTA GORONTALO

Abdul Hamid Mahmud, Muh. Rizal Mahanggi, Sri Sutarni Arifin

Abstract


INTISARI

Indonesia adalah negara kepulauan dengan perbandingan jumlah laut dengan daratan hampir sebanding. Wilayah perairan yang dihuni berbagai macam jenis ikan, menjadikan Indonesia berpotensi dalam mengembangkan dan menjadikan Pelabuhan Pendarataan ikan sebagai bagian investasi kelautan perikanan untuk meningkatkan pereokonomian masyarakat. Potensi perikanan di wilayah Sulawesi dikembangkan menjadi salah satu sektor ekonomi unggulan. Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Menjelaskan bahwa Provinsi Gorontalo dapat dijadikan  sebagai basis produksi ikan dengan membuat 4 (empat) kawasan minapolitan yang meliputi, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Pohuwato. Pendapatan hasil laut yang sangat melimpah di Provinsi Gorontalo sebagai daerah investasi sudah selayaknya melakukan perubahaan dalam memaksimalkan produksi terhadap potensi hasil laut

 

Metodologi yang diterapkan dalam penyususnan adalah pengumpulan data baik data sekunder maupun data primer yang dapat menunjang proses penyususnan acuan Perancangan pelabuhan pendaratan ikan di Kota  Gorontalo. kemudian dilanjutkan dengan metode analisa berupa analisa tapak dan analisa bangunan.

 

Berdasarkan analisa yang dilakukan maka hasil yang diperoleh perancangan Perancangan pelabuhan pendaratan ikan di Kota  Gorontalo yaitu mengonsepkan pendekataan arsitektur modern yang memadukan dan mengaitkan antara konsep arsitektur yang modern dan terbaru yang memperhatikan aspek lingkungan serta memenuhi fasilitas yang menunjang nelayan dan pengunjung serta mewadahi kegiataan yang bergerak di sektor perikanan baik dalam pemasaran hasil tangkapan,  maupun kegiataan eksportir.

 

Kata Kunci: Pelabuhan Pendaratan Ikan di kota gorontalo, Perikanan, Arsitekture Modern.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v3i2.12921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 abdul Hamid Mahmud, muh. Rizal Mahanggi, sri sutarni arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.