PERANCANGAN GEDUNG OLAHRAGA PANJAT TEBING DI PROVINSI GORONTALO (DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA)

Mohamad Zyan Sabri Kiayi, Nini Kiay Demak, Arlan Kaharu

Abstract


Gedung olahraga panjat tebing merupakan sebuah fasilitas yang mewadahi segala bentuk aktifitas yang berkaitan dengan olahraga panjat termasuk sebagai sarana edukasi, prestasi, dan rekreasi. Gedung ini diperuntukkan kepada atlet panjat tebing, anggota komunitas pencinta alam dan masyarakat umum di Provinsi Gorontalo. Permasalahan utama dari adanya perkembangan olahraga panjat tebing di Provinsi Gorontalo adalah tidak diimbangi dengan fasilitas yang memadai. Tujuan perancangan ini adalah untuk merancang gedung olahraga panjat tebing di Provinsi Gorontalo yang memadai dan sesuai dengan fungsinya. Pendekatan arsitektur yang digunakan dalam perancangan ini yaitu dengan konsep Arsitektur Metafora. Hasil rancangan dapat dilihat dari keterkaitan antara bentuk bangunan dengan pendekatan konsep metafora yaitu terjadi pada bentuk analogi yang diambil dari salah satu alat bantu olahraga panjat yaitu carabiner. Karakter ini diambil untuk mendeskripsikan objek rancangan yaitu gedung olahraga panjat tebing.


Keywords


Gedung Olahraga; Panjat Tebing; Arsitekur Metafora

Full Text:

PDF

References


Alfitra, R. 2021. Studio Animasi di Makassar dengan Pendekatan Metafora. Skripsi. Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin. Makassar.

Antoniades, A. C. 1990. Poetics of Architecture: Theory of Design. Van Nostrad Reinhold : Michigan.

Bakti, P.N., Samsudi & H. Setyawan. 2018. Penerapan Konsep Metafora dada Gelanggang Olahraga di Kebumen. Jurnal SENTHONG, 1(2): 233-242.

D.K. Ching, F. 2008. Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Eka, Fajar. 2018. Wahana Olahraga Panjat Tebing di Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Negeri Alauddin Makassar. Makassar.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). 2019. Peratuan Kompetisi Panjat Tebing Indonesia. https://www.fpti.or.id/ diakses pada Desember 2022.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). 2022. Perkembangan Olahraga Panjat Tebing di Indonesia. https://www.fpti.or.id/ diakses pada Desember 2022.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Gorontalo. 2022. Perkembangan Olahraga Panjat Tebing di Provinsi Gorontalo.

Forum Pencinta Alam Gorontalo (FPAG). 2021. Daftar Organisasi dan Kelompok Pecinta Alam yang Ada di Provinsi Gorontalo.

Harmanta, Ashadi & H. Luqmanul. 2019. Penerapan Konsep Metafora pada Desain Bangunan Sport Club. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3(1): 65-70.

Nabila, C. 2020. Perancangan Gelanggang Renang di Aceh dengan Pendekatan Arsitektur Metafora. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniy. Banda Aceh.

Rosidi, Ulin. 2020. Desain Interior Indoor Climbing Center di Surakarta. Skripsi. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sapitri, H., Mauliani, L., & Sari, Y. 2018. Penerapan Konsep Arsitektur Metafora pada Bangunan Pusat Mode dan Kecantikan Anne Avantie di Semarang. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3(3): 241-246.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v5i2.22719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohamad Zyan Sabri Kiayi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.