EVALUASI PURNA HUNI ASPEK FUNGSI DI RUANG KELAS PERSIAPAN SLB YPAC MANADO

Syafriyani syafriyani, Rahmayanti Rahmayanti, Nur Mutmainnah, Wahyu Saputra

Abstract


Ruang Kelas merupakan suatu ruang yang dirancang untuk memenuhi suatu fungsi dan tujuan tertentu. Fungsi ruang kelas khusus siswa berkebutuhan khusus sebagai tempat belajar, praktek, dan bermain. Ruang kelas persiapan sebagai setting yang telah dikelola dan diatur oleh organisasi Sekolah Luar Biasa YPAC Manado sehingga pemakai menyesuikan diri dengan kondisi ruang maupun perabot yang ada.  Evaluasi pada aspek fungsi berkaitan dengan faktor manusia (antropometri), hal ini sejalan dengan tujuannya yaitu untuk meninjau performa kinerja aspek fungsi di ruang kelas persiapan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode komparatif kuantitatif. Data dikumpulkan berupa kuesioner dan pengukuran dilapangan yang dikomparasikan dengan standar perabot sekolah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 32 Tahun 2011.Hasil performa yang didapatkan ukuran perabot tidak nyaman berdasarkan antropometri karena melebihi jangkauan tangan siswa sehingga diperlukan rekomendasi desain yang sesuai dengan standar dan kenyamanan siwa berkebutuhan khusus.  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i2.24697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syafriyani syafriyani, Rahmayanti Rahmayanti, Nur Mutmainnah, Wahyu Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.